• Berita Terkini

    Monday, May 9, 2016

    385 Siswa SMAN 1 Dikembalikan ke Orang Tua

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- SMA Negeri 1 Kebumen melepas dan mengembalikan 365 siswa yang baru saja menamatkan pendidikan kepada orang tua. Pelepasan dilakukan di lingkungan sekolah setempat, Minggu (8/5/2016).

    Kepala SMA Negeri 1 Kebumen H Agus Sunaryo SPd MPd berharap, para siswa tersebut dapat menjadi generasi yang tidak cerdas secara akademik, namun juga mempunyai ketrampilan memadai dan teknis yang mumpuni untuk dapat menjawab tantangan zaman.

    Selama ini sebagian sekolah hanya mampu mengajarkan pengetahuan semata, tanpa mampu mengajarkan tentang tahu dan mau mengaplikasikan pengetahuan yang didapat dari sekolah. “Sebab keungggulan akademik semata ternyata tidak cukup. Dibutuhkan sebuah kreatifitas, inovasi dan jaringan yang memadai untuk dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dari bangku sekolah,” katanya.

    Sunaryo menyayangkan jika usai lulus sekolah, para siswa hanya akan menjadi karyawan ataupun pegawai pada instansi pemerintah maupun swasta. Siswa yang cerdas dan pintar diharapkan mampu berwiraswasta baik itu di bidang barang maupun jasa. “Saya sangat menyayangkan jika ada siswa yang nilainya bagus tetapi hanya bercita-cita menjadi pegawai,” tuturnya.

    Menurut Agus, akan lebih bermanfaat jika para siswa mampu berkreatifitas dan berinovasi untuk terjun ke dunia usaha.  Sebab dengan berwirausaha maka akan terciptakan entrepreneurs-entrepreneurs muda di Indonesia. Sehingga perekonomian di negera ini akan dikuasai oleh anak bangsa sendiri dan bukan oleh orang asing. Maka kedepan Indonesia akan menjadi negara yang mandiri dan bermartabat.

    “Sekolah jangan hanya memproduksi orang-orang yang bermental pekerja saja. Sebab dampaknya hanya akan menciptakan generasi muda yang menjadi kuli di negeri sendiri,” tegasnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top