• Berita Terkini

    Tuesday, April 12, 2016

    29 Bintara Baru Polres Kebumen Jalani Upacara Tradisi

    SURYO FOR EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 29 bintara baru Polres Kebumen, Senin (11/4/2016) mengikuti upaca tradisi memasuki kesatuan. Mereka yang terdiri dari 25 orang anggota Polisi dan 4 orang anggota Polwan itu menjalani kegiatan fisik yang menantang.

    Salah satunya, melakukan jalan kaki (long march) sejauh 18 kilometer, diawali dari Polres Kebumen menuju Desa Candimulyo, Jatimulyo, Karangtanjung, Sokawera dan kembali ke Polres Kebumen. Kegiatan yang dimulai pada pukul 03.00 WIB itu berakhir pada pukul 07.00 WIB.

    Dalam long march tersebut, para Brigadir Polisi Tingkat dua yang baru selesai mengenyam pendidikan selama tujuh bulan di Sekolah Polisi Negara (SPM) Purwokerto tersebbut mendapatkan berbagai macam kegiatan. Diantaranya ujian lisan berupa pertanyaan mengenai Pancasila, Catur Prasetya dan Tribrata, serta olah fisik berupa berendam di sungai, merangkak dan berguling di atas tanah.

    Dalam sambutannya pada upacara penerimaan para bintara baru di halaman Mapolres Kebumen, Senin, Kapolres Kebumen AKBP Alpen SH SIK MH mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan lingkungan di wilayah mereka bertugas. Dengan demikian maka para Bintara dapat beradaptasi, dalam menjalankan tugas pokok Polri. Diantaranya sebagai pelindung, pengayom, pelayan masyarakat dan memelihara Kamtibmas serta penegak hukum.

    “Saya tidak mau mendengar laporan dari masyarakat adanya oknum anggota yang menggunakan narkoba, melakukan tindak pidana dan asusila. Saya tidak segan-segan melakukan tindakan tegas kepada kalian, apabila terbukti melakukan tindak pidana yang dapat merugikan institusi Polri,” tegasnya.

    Lebih lanjut Alpen berpesan kepada para Bintara untuk dapat menjaga sikap dan prilaku serta moral. Sebagai penegak hukum anggota Polri harus dapat menjadi suri tauladan bagi masyarakat dan jangan sampai bertindak melanggar hukum. Di tengah pesatnya perkembangan teknologi para Bintara juga ditekankan untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan diri. “Saya berharap para Bintara tidak sungkan dan malu untuk bertanya kepada senior yang ada di masing-masing fungsi. Laksanakanlah tugas dengan baik dan ikhlas serta penuh tangungjawab,” katanya.

    Alpen  menambahkan, anggota Polri juga harus terus meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta selalu berdoa sebelum menjalankan tugas. “Selamat datang dan selamat bertugas di Polres Kebumen yang kita cintai ini. Semoga Tuhan selalu memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua,” ucapnya, mengakhiri sambutan.

    Sementara, Kasubbag Humas Polres Kebumen AKP Wasidi menambahkan, banyak diantara para bintara baru tersebut merupakan putra asli daerah Kebumen. Dengan demikian, mereka diharapkan dapat dengan mudah menyesuaikan diri sebagai anggota Polri dalam menjalankan tugas Kepolisian ditengah masyarakat.(mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top