• Berita Terkini

    Thursday, March 10, 2016

    Pramuka Siaga Purworejo Targetkan Juara Provinsi

    andi/ekspses
    PURWOREJO- Kwarcab Pramuka Purworejo optimis untuk dapat meraih juara di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Hal itu diwujudkan melalui penyelenggaraan Pesta Siaga Pramuka Tingkat Kwarcab Kabupaten Purworejo 2016 terbaik, yang dipusatkan di MTs Negeri Bener Purworejo.

    Ketua Panitia, Basri MPd, mengatakan, pesta siaga tahun ini diikuti sebanyak 640 siswa, terdiri atas 32 barung/regu putra dan 32 barung putri. Mereka merupakan barung peraih juara 1 dan 2 di tingkat 16 kecamatan.  Terdapat 17 materi pokok dari 6 materi kegiatan yang diikuti peserta, yakni kemampuan iman dan takwa, mental dan emosional, pengetahuan dan kecerdasan, ketangkasan dan olahraga, kepedulian, serta bakti masyarakat.

    Menurutnya, sejak dibuka oleh Ketua TP PKK Purworejo yang juga istri Bupati, Verena Prihastyarie, dan ditutup oleh Ketua Kwarcab Purworejo Drs Bambang Aryawan MM, gelaran pesta siaga mendapat antusias luar biasa dari seluruh peserta. Gairah peserta semakin tampak dengan hadirnya Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH, seluruh pejabat Muspida dan Muspika Bener.

    “Tahun ini kompetensi pesertanya maksimal dengan tingkat inovasi yang tinggi. Peserta juga dimudahkan dengan adanya persiapan dan dukungan total dari Kwaran Bener, MTs N Bener, SMPN 19, serta masyarakat sekitar,” katanya.

    Basri yang juga Ketua Andalan Siaga Kwarcab Purworejo, menjelaskan, pesta siaga tingkat Kabupaten merupakan ajang seleksi menuju tingkat Binwilkedu pada 19 Maret dilanjutkan tingkat Jawa Tengah  akhir April mendatang. Melihat tingginya potensi siswa hasil seleksi kali ini, Kwarcab optimis
    dapat meraih juara di tingkat provinsi.

    “Selama ini Kabupaten Purworejo baru dapat bersuara di tingkat Binwilkedu, sedangkat di tingkat provinsi seringkali hanya mendapat juara 2 atau 3.
    Kali ini kami menargetkan menjadi juara 1, sedikitnya 5 dari sekitar 7 cabang yang dilombakan,”  jelasnya.

    Kepala MTs N Bener, Drs H Imam Pratomo MPd, mengaku bersyukur dan lega atas suksesnya kegiatan yang berlangsung sehari itu. Selain menjadi bentuk
    bakti terhadap pemerintah dan masyarakat, pesta siaga yang dipusatkan di sekolahnya cukup memacu kemajuan sekolah dalam segala bidang.

    “Untuk menjadi tuan rumah  pesta siaga belum tentu 16 tahun sekali dapat, jadi kami berusaha mendukung dengan sebaik mungkin. Ini juga memberikan
    motivasi bagi kami untuk terus berbenah demi mewujudkan visi menjadi Madrasah unggulan di Purworejo pada tahun 2020,” ungkapnya. (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top