• Berita Terkini

    Tuesday, January 12, 2016

    UKM Jurnalistik Didorong Tingkatkan Minat Baca

    agung/ekspres
    PURWOREJO- Lembaga Pers kampus memiliki peran strategis untuk meningkatkan minat tulis dan baca tidak hanya bagi kalangan mahasiswa, melainkan juga masyarakat umum. Keberadaannya harus terus dikembangkan, salah satunya dengan menyuguhkan produk-produk jurnalistik yang berkualitas dan mengikuti selera pembaca.

    Hal itu diungkapkan oleh Eko Sutopo, wartawan media cetak yang tergabung di Pewarta Harian Cetak Purworejo (PHCP) saat menjadi narasumber dalam Latihan Dasar Kejurnalistikan (LDK) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik Sinar Surya Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP), Sabtu (9/1). Melalui materi Teknik Berburu Berita dan Kepenulisan, Eko Sutopo mendorong pengurus UKM Jurnalistik untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun media jurnalistik yang telah aktif diterbitkan, seperti bulletin dan majalah.

    “Sejumlah media yang telah dimiliki sudah bagus dan harus terus dimaksimalkan, baik tampilan maupun isinya. Dengan demikian, bukan tidak mungkin media itu tidak hanya menjadi konsumsi mahasiswa, melainkan juga masyarakat umum. Misalnya yang paling dekat diedarkan ke sekolah-sekolah Muhammadiyah sehingga dapat menambah wawasan kampus bagi pelajar ,” ungkapnya.

    Ketua UKM Jurnalistik Sinar Surya, Dwi Nugroho, mengatakan, LDK merupakan kegiatan tahunan sebagai ajang meningkatkan kapasitas anggota. LDK kali ini melibatkan seluruh pengurus diikuti oleh 37 anggota baru UKM Jurnalistik Sinar Surya.

    LDK berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu (9-10/1). Pada hari pertama, kegiatan dipusatkan di Kampus 2 UMP dibuka oleh Rektor UMP Supriyono MPd dan dilanjutkan dengan pelatihan jurnalistik oleh tiga pemateri lainnya selain Eko Sutopo. Ketiganya merupakan alumni UMP yakni Prayudi Nur Shodik dengan Materi Sejarah UKM dan Kejurnalistikan, Aji Priyo Utomo dengan materi Leadership, dan Muhammad Taufik dengan materi Fotografi.

    “Selanjutnya pada hari kedua, seluruh peserta melakukan kami ajak melakukan praktik kejurnalistikan di lokasi wisata Curug Siklotok Kecamatan Kaligesing,” jelasnya.

    Menurut Dwi Nugroho, minat membaca mahasiswa saat ini masih cenderung rendah. Hal itu ditunjukkan dengan minimnya mahasiswa yang membeli media majalah milik UKM Jurnalistik yang telah rutin terbit 6 bulanan.

    “Kami akan terus  melakukan upaya untuk memaksimalkan peran UKM Jurnalistik, baik sebagai peningkat minat tulis maupun minat baca mahasiswa,” ucapnya.

    Sementara itu, Pembina UKM Jurnalistik, Andrian Nuriza Johan MPd, menyatakan apresiasi atas semakin aktifnya kegiatan UKM Jurnalistik. Menurutnya, adanya LDK menunjukkan tekad anggota untuk semakin berkembang.

    “Saya sangat senang karena mahasiswa yang bergabung alam UKM ini semakin banyak. Produk-produk yang dihasilkan semakin berkualitas dan waktu terbitnya juga semakin tepat,” ungkapnya. (baj)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top