• Berita Terkini

    Sunday, January 31, 2016

    Lomba Egrang Batok Ramaikan HUT GOW

    SUDARNOAHMAD/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Untuk menjaga kekompakan dan melestarikan tradisi permainan Indonesia, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kebumen mengadakan lomba estafet gelang dengan menggunakan egrang batok kelapa, di halaman Kantor GOW yang berada di Komplek Pendopo Bupati, Jumat (29/1/2016).

    Lomba tersebut digelar untuk memeriahkan HUT ke-56 GOW tahun 2015. Lomba itu diikuti ratusan ibu-ibu perwakilan dari berbagai organisasi wanita dan Pos PAUD  di Kebumen yang berada dibawah naungan GOW Satu tim peserta terdiri dari empat orang. Setiap tim harus mengambil gelang karet menggunakan sendok kayu.

    Peserta juga dilarang menggunakan bantuan tangan, tetapi hanya memanfaatkan mulut. Tak hanya itu, selama lomba berjalan mereka harus tetap berada di atas egrang batok kelapa. Selanjutnya, mereka estafet menyerahkan gelang karet ke peseta lainnya untuk diantar sampai ke garis finish.

    Lomba berlangsung cukup meriah dan seru. Tidak sedikit peserta yang terjatuh saat beradu cepat mencapai garis finish. Lomba tersebut jugamembuat gelak tawa, keceriaan, serta rasa kekeluargaan keluarga besar GOW. Saling ejek lucu antar suporter dari berbagai organisasi wanitayang ikut mendukung kemeriahan HUT ke-56 GOW.

    Sepintas lomba itu terlihat mudah, namun diperlukan konsentrasi dan kekompakan tim. Jika tak kompak dan tidak dapat menjaga keseimbangan tubuh  maka akan mengakibatkan peserta terjatuh.

    Lomba ini digelar untuk melestarikan permainan egrang batok sebagai salah satu warisan budaya tradisional yang saat ini semakin langka lantaran tergusur permainan modern.

    Ketua GOW Kebumen, Ny Dede Siswoyo, mengatakan lomba digelar untuk merayakan hari ulang tahun ke-56 GOW tahun 2015. "Pada dasarnya keikutsertaan lomba ini bukan semata-mata mendapat juara. Rasa kebersamaan dan kekeluargaan menjadi hal yang utama," kataNy Dede Siswoyo, disela-sela acara lomba.

    Selain lomba egrang batok, ditempat yang sama juga digelar lomba tebak kata. Masih pada rangkaian kegiatan yang sama, pada pagi harinya, sebanyak ratusan orang juga mengikuti jalan sehat yang mengelilingi sejumlah ruas jalan dalam kota Kebumen. "Kami telah menyediakan ratusan doorprize untuk peserta yang beruntung," ujarnya.

    Sebelumnya, GOW menggelar lomba berhijan tanpa kaca. Sedangkan, resepsi HUT GOW akan digelar pada Senin (1/2) di Pendopo Bupati.(ori/mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top