• Berita Terkini

    Thursday, January 28, 2016

    Gubernur Resmikan SMK Negeri 1 Alian

    SUDARNO AHMAD/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - SMK Negeri 1 Alian, menambah jumlah SMK di Kabupaten Kebumen. Sekolah yang dibangun di atas tanah milik pemerintah seluas 24.410 meter persegi, dengan luas bangunan 1.721,75 meter persegi, berada di Desa Seliling Kecamatan Alian. Sekolah tersebut mulai membuka proses belajar mengajar tahun 2015/2016. Beroperasinya sekolah negeri baru itu diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kamis (28/1/2016).

     Pada tahun pertama ini, SMK Negeri 1 Alian telah memiliki siswa sebanyak 97 anak. Dengan dua paket keahlian, yaitu Teknik Kendaraan Ringan (TKR/Otomotif) dengan jumlah siswa sebanyak 41 anak. Serta Akuntansi Perbankan dengan jumlah siswa sebanyak 56 anak. Semuanya terhimpun dalam tiga rombongan belajar.
    Sementara ini, SMK Negeri 1 Alian memiliki 8 ruang kelas, 1 ruang perpustakaan, 1 ruang praktik siswa perbankan. Selain itu, 1 ruang kepala sekolah, 1 ruang TU, 1 ruang guru, 1 mushola, 1 toilet kepala sekolah, 2 toilet TU, 4 toilet guru, serta 8 toilet siswa.

    Pj Bupati M Arief Irwanto, mengatakan tahun 2016, direncanakan akan membangun 4 ruang kelas baru (RKB) dengan anggaran mencapai Rp 850 juta. Selain juga membangun 1 ruang praktek siswa TKR/Otomotif, dengan anggaran sebesar Rp 700 juta, serta 1 unit penataan lingkungan. Meliputi normalisasi halaman, drainase dan pagar dengan anggaran mencapai Rp 1 miliar, pengadaan alat bengkel untuk paket keahlian TKR/otomotif senilai Rp 125 juta, serta pengadaan alat multi media senilai Rp 50 juta.

    Adapun tenaga pengajar di sekolah itu saat ini sebanyak 7 orang Guru PNS, 9 orang Guru Tidak Tetap, serta 1 orang pegawai PNS dan 10 orang Pegawai Tidak Tetap.
    "Kami berharap, secara bertahap akan ada tambahan sarana pendidikan lainnya serta tenaga pendidik dan kependidikan. Sehingga akan dapat mendorong semangat para siswa dan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar," kata Arief Irwanto.

    Di saat yang sama Arief Irwanto mengatakan adanya ketentuan UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang melimpahkan urusan pendidikan menengah menjadi kewenangan Pemerintah hProvinsi tak membuatnya patah semangat. "Ini tidak berarti melemahkan semangat kami untuk terus membangun sekolah jenjang pendidikan menengah. Termasuk pembangunan di SMK Negeri 1 Alian," ujarnya.

    Pihaknya berharap, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui dinas terkait akan mendukung semua upaya guna peningkatan kualitas serta ketersediaan sarana dan prasarana di SMK Negeri I Alian. Pada kesempatan itu juga diresmikan UPT Dinas Dikpora Unit Kecamatan Kebumen dan Kecamatan Sadang.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top