• Berita Terkini

    Senin, 21 Agustus 2023

    Bupati Kebumen Ziarah ke Makam Para Pendahulunya


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Ziarah makam para Bupati menjadi salah satu tradisi dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke- 394 Kabupaten Kebumen. Pun demikian di tahun 2023 ini.  Jumat pagi (18/8/2023) akhir pekan kemarin,  Bupati Arif Sugiyanto bersama Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih dan para Kepala OPD melaksanakan ziarah


    Bupati mengawali ziarah ke makam Ki Ageng Bodronolo, di Desa Karangkembang, Kecamatan Alian. Ki Bodronolo adalah Bupati pertama Panjer (Kebumen) yang diangkat pada 21 Agustus 1629 M. Ia orang kepercayaan Sultan Agung Mataram yang membantu menyerang VOC di Batavia dengan menyiapkan Logistik.

    "Berdirinya Kebumen tidak lepas dari peran Ki Ageng Bodronolo. Dia merupakan kepercayaan Sultan Agung yang menjadi Bupati Panjer, dan sekarang Kebumen," ujar Bupati di lokasi. 


    Setelah itu, Bupati bersama rombongan melanjutkan ziarah ke makam keluarga Tumenggung Kolopaking di Desa Kalijirek, Kebumen. Ki Bagus Kertawangsa, atau Tumenggung Kelapa Aking juga merupakan Tumenggung Panjer yang diberikan oleh Amangkurat I karena jasanya menyembuhkan penyakit.


    Kemudian Bupati melanjutkan perjalanan menuju Kutowinangun dan berziarah ke makam Kanjeng Pangeran Arya (KPA) Bumidirjo di Desa Lundong. KPA Bumidirjo adalah bangsawan ulama dari Mataram, adik Sultan Agung Hanyokro Kusumo. Ia dikenal sebagai penasihat raja.


    Tidak jauh dari situ, Bupati mengakhiri berziarah ke kompleks makam keluarga Arungbinang I dan keturunannya yang ada di Dusun Kebejen, Desa Kuwarisan, Kutowinangun, Kebumen. Arungbinang juga merupakan keluarga bangsawan yang pernah menjadi Bupati Kebumen.


    "Dari berziarah ini tentu kita bisa mengambil hikmah untuk bisa terus melanjutkan perjuangan mereka dalam menjaga dan merawat kabupaten tercinta ini, untuk kesejahteraan masyarakat Kebumen," ucap Bupati yang juga merupakan Keturunan Arungbinang V dengan gelar Kanjeng Raden Arya H. Arif Sugiyanto Wreksonagoro.



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top