• Berita Terkini

    Kamis, 05 Januari 2023

    Darori Salurkan Motor Roda Tiga untuk Poktan


    KEBUMEN(kebumenekspres.com) -Anggota Komisi IV DPR RI Ir KRT Darori Wonodipuro kembali menyerahkan bantuan delapan unit sepeda motor roda tiga. Ini merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian, Kamis (5/1/2023). 


    Kali ini, bantuan disalurkan kepada 8 Kelompok Tani (Poktan) yang tersebar di sejumlah desa di wilayah Kabupaten Kebumen. 


    Adapun Poktan tersebut, yakni Kelompok Tani Sidomakmur Petanahan, Poktan Srijaya Kalijirek Kebumen, Poktan Sadewo Padureso, Poktan Srimulyo Setrojenar Buluspesantren, Poktan Girimulyo Giripurno Karanganyar, Poktan Rukun Tani Bonjokkidul Bonorowo, Poktan Sidoluhur Kedungwaru Karangsambung dan Poktan Srijaya Patukrejo Mirit.

    Politisi Gerindra asal Petanahan tersebut menyampaikan, bantuan delapan unit sepeda motor roda tiga itu merupakan program aspirasi Anggota Komisi IV yang bekerjasama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

    "Hari ini kita terakhir membagian delapan unit motor roda tiga kepada daerah-daerah yang belum mendapatkan,” tuturnya.

    Bantuan delapan unit kendaraan motor roda tiga itu diserahkan Darori langsung kepada Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Distapang) Kabupaten Kebumen Teguh Yuliono. 


    Nantinya bantuan unit kendaraan motor roda tiga peruntukannya untuk mengangkut semua kegiatan petani dan peternak di desa. Ini seperti mengangkut rumput, hasil pertanian dan mengangkut hasil bumi.

    Usai menyerahkan bantuan Darori berpesan kepada Kepala Dinas Distapang Kebumen untuk segera memproses dan verifikasi proposal yang masuk ke dinas untuk segera di kirim ke Kantor Kementerian Pertanian.

    "Proposal-proposal yang banyak masuk ke dinas segera di verifikasi. Dipilih layak dan tidak untuk mendapat bantuan. Yang layak segera kirim ke Kementerian tembusan ke saya, biar saya dorong langsung ke pak menteri,” lanjut Darori.


    Menurut Darori, dirinya sudah berjanji untuk membantu daerah asal kelahirannya Kebumen sebagai prioritas utama wilayah aspirasinya. Hal tersebut demi untuk kemajuan Kebumen. 

    "Saya sudah berjanji kalau bantuan itu  aspirasi 50 persen untuk Kebumen, 25 Banjarnegara dan 25 persen lagi untuk Purbalingga. Malu saya kalau Kebumen tertinggal padahal ada saya di DPR pusat," terangnya. 

    Sebelumnya Darori juga menyerahkan 49 unit traktor kepada Pemkab Kebumen. Disamping itu selain di bidang pertanian, kehutanan, perikanan dan perkebunan dibidang lain Darori juga membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen dengan mengusulkan perbaikan jalan-jalan yang rusak. “Kendala anggaran Pemkab Kebumen untuk perbaikan jalan akhirnya saya mendorong Kementerian PUPR dan alhamdullilah terwujud. Jalur Petanahan sampai dengan tembus JLSS sudah beton semua," katanya.

    Alumnus Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta itu, juga sudah memberikan bantuan Alsintan atau alat dan mesin pertanian, pompa air, Handsprayer, Power thresser, Corn Sheller, dan ribuan bibit pohon seperti bibit pohon alpukat, manggis dan durian.


    "Saya akan terus berusaha mengupayakan adanya bantuan pertanian dari pemerintah pusat untuk kemajuan petani Kebumen," ucanya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top