• Berita Terkini

    Minggu, 07 Agustus 2022

    Kementerian Kelautan dan Komisi IV DPR RI Bagikan 1000 Sembako


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Hari Bakti Nelayan 2022 ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap bersama Komisi IV DPR RI kunjungi Pantai Menganti, Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Sabtu (6/8/2022)


    Hadir dalam acara tersebut Anggota Komisi IV DPR RI Ir KRT Darori Wonodipuro, Kepala Pelabuhan Samudera Cilacap Imas Marsiah mewakili Dirjen Perikanan Tangkap dan Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono. 


    Dalam kegiatan Bakti Nelayan ini dihadiri puluhan kelompok nelayan dari Kecamatan Ayah, Buayan, Petanahan, Puring, Ambal, Mirit dan Buluspesantren.

    Ir KRT H Darori Wonodipuro dalam kesempatan ini mengatakan Komisi IV DPR RI bersama KKP konsisten melakukan kegiatan bakti nelayan untuk membantu dan memberdayakan nelayan pasca pandemi.


    Pada kesempatan ini diserahkan 1.000 paket bantuan sembako untuk nelayan. Tak hanya itu, kegiatan bakti nelayan juga menjadi kesempatan antara pemerintah dan nelayan Kebumen untuk berdialog.


    “Selain 1000 paket sembako saya juga memberikan ruang antara pemerintah dan nelayan bersinergi melalui dialog. Dari hasil dialog ini lah nantinya disusun hasil kesepahaman bersama dan untuk kesejahteraan masyarakat," jelas Darori dihadapan puluhan kelompok nelayan Kebumen, Sabtu (6/8).

    Pada kesempatan yang sama, Kepala Pelabuhan Samudera Cilacap Imas Masriah mewakili Dirjen Perikanan Tangkap sangat mengapresiasi langkah yang telah dilakukan KKP dan Komisi IV DPR RI KRT Darori Wonodipuro. 


    Menurut Imas, dengan turun langsung ke lapangan, pemerintah dapat menjaring aspirasi dan masukan secara langsung dari nelayan-nelayan Kebumen. 

    “Melalui kegiatan seperti ini aspirasi seperti kendala yang dialami para nelayan bisa disampaikan langsung. Sehingga apa yang dibutuhkan masyarakat khususnya nelayan cepat tertangani. Jemput bola lebih baik, jangan hanya menunggu usulan,” katanya.


    Sementara itu Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono mengungkapkan rasa terima kasihnya atas perhatian pemerintah pusat terhadap masyarakat pesisir di Kebumen.

    "Pasca pandemi kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah membantu masyarakat, akibat dampak kelesuan ekonomi. Ia berharap bantuan ini dapat menjadi motivasi bagi para nelayan di Kebumen," ucapnya.


    Menurut Ujang, masyarakat pesisir Kebumen banyak menggantungkan hidup dari hasil laut, baik sebagai nelayan, petambak udang, dan pelaku pariwisata.

    Meski saat ini kondisinya relatif terus membaik, namun kemarin dengan adanya pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap kehidupan para nelayan.

    Ujang berharap, potensi perikanan tangkap di Kebumen dapat terus didorong untuk peningkatan kesejahteraan nelayan dan keluarganya.

    Dalam kegiatan yang dipusatkan di Pantai Menganti, Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kelautan dan Perikanan Joni Hernawan dan Basri anggota Komisi D DPRD Kebumen serta puluhan kelompok nelayan Kebumen.(mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top