• Berita Terkini

    Minggu, 12 Desember 2021

    Warga Panjatan Gugur Gunung Benahi Tanggul


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Ratusan Warga Kelurahan Panjatan dan sebagian warga Kelurahan/Kecamatan Karanganyar gugur gunung atau gotong royong memasang ratusan karung berisi pasir. Ini di Tanggul Sungai Karanganyar, Sabtu (11/12/2021).


    Pemasangan pasir tersebut dilaksanakan sebagai langkah memperkuat Tanggul Sungai Karanganyar. Ini juga sekaligus sebagai upaya untuk memperkuat tanggul. Mengingat kini tengah musim hujan yang sewaktu-waktu sungai dapat banjir.


    Lurah Panjatan Juniadi Prasetyo SE menyebutkan pemasangan karung berisi pasir sebanyak 2.000 kantong. Ini sebagai langkah pemerintah kelurahan bersama warga untuk memperkuat Tanggul Sungai Karanganyar. “Sebagai pencegahan terjadinya jebolnya tanggul yang dinilai sudah mengkhawatirkan,” tuturnya.


    Menurutnya, pemasangan karung berisi pasir tersebut dilaksanakan menyusul tipisnya tanggul. Ini salah satunya akibatkan pemasangan bronjong yang tidak penuh sampai atas. Hanya sampai setengah saja. Pemasangan tersebut sepanjang 20 meter dengan ketinggian 2-3 meter.


    Lurah Juniadi mengaku bangga dengan kepedulian yang ditunjukkan warganya. Mereka memiliki rasa kepedulian dan kesadaran untuk bersama-sama menjaga kondisi lingkungan. Kepedulian akan sesama, semakin memperkuat rasa saling memiliki antar warga. “Disinilah letak kekuatan kebersamaan. Apa yang semula berat dapat teratasi jika kompak bersama,” paparnya.


    Sementara itu Camat Karanganyar dan salah satu Anggota DPRD Kebumen Suprijanto atau yang akrab disapa Dodi mengapresiasi kekompakan warga Kelurahan Panjatan dan warga RW 8 Kelurahan Karanganyar. Mereka secara swadaya memasang karung berisi tanah atau pasir di tanggul Sungai Karanganyar. 


    “Saya mengucapkan terima kasih untuk warga Kelurahan Panjatan dan warga RW 08 Kelurahan Karanganyar yang telah bergotong royong melakukan penambakan tanggul Sungai Karanganyar. Apa yang ditunjukan mereka bisa diikuti oleh warga lainnya,” ujarnya.


    Dihari kedua pelaksanaan kerja bakti pemasangan karung pasir, Lurah Panjatan menghimbau pada seluruh warga masyarakat untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap bencana. Selain itu juga untuk tetap berkoordinasi ke pemerintahan setempat. 


    Disisi lain terhadap bencana alam yang sewaktu datang, Juniadi juga menekankan untuk pada warga yang belum melaksanakan vaksin untuk segera melakukan vaksinasi sebagai program pemerintah dalam pencegahan Virus Corona. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top