• Berita Terkini

    Jumat, 09 Desember 2016

    STOP Takuti Anak dengan Polisi!

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- "Jangan nakal nanti ditangkap polisi lho". Itu kalimat yang sering diucapkan orang tua ketika sang anak melakukan kesalahan atau dianggap melakukan kenakalan. Kebiasaan membawa-bawa profesi polisi untuk menakut-nakuti anak rupanya telah menjadi kebiasaan yang jamak terjadi di tengah masyarakat. Padahal secara tidak sadar, kebiasaan itu justru akan menanamkan kebencian atau ketakutan anak pada institusi tersebut.

    Kelak, kata ini akan melekat di memori anak. Polisi bisa menjadi figur yang menyeramkan di benak mereka. Untuk itulah, Kapolres Kebumen AKBP Alpen SH SIK MH meminta kepada orang tua untuk berhenti menakut-nakuti anak dengan sosok polisi.

    “Tinggalkan kebiasaan yang seperti itu. Yang ada mereka tidak dekat dengan kami (polisi), namun justru mereka akan membenci kami,” kata Kapolres pada kegiatan Polisi Sahabat Anak (Polsanak) di lapangan tenis Mapolres Kebumen, Kamis (8/12).

    Kegiatan Polsanak kali ini, Sat Lantas Polres Kebumen mendatangkan Sekolah TK dan Paud yang tergabung dalam Gugus Cempaka kecamatan Ambal. Dalam kesempatan itu, sebanyak 250 anak TK dan Paud belajar bersama dengan para polisi Polres Kebumen.

    Kapolres mengakui jika saat ini masih didapati orang tua yang salah mendidik anak dengan menjadikan polisi sebagai momok untuk menakuti mereka.

    Menurut dia, sudah bukan saatnya lagi polisi untuk ditakuti dan sebagai alat untuk menakuti anak anak. “Maka dengan adanya polisi sahabat anak (polsanak) yang merupakan program unggulan Polres kebumen, diharapkan dapat menepis bahwa polisi menakutkan, bahkan menjadi sahabat bagi anak-anak," ucap dia.

    Dengan adanya kegiatan ini, AKBP Alpen mengharapkan polisi semakin dicintai anak anak. Kemudian ketika dewasa mereka bisa menjadi mitra polisi, bahkan menjadi polisi sebagai generasi penerus.

    Dalam kesempatan itu, anak anak TK dan Paud yang mengikuti pembelajaran di Polres Kebumen, belajar mengenal rambu rambu dan gerakan pengaturan lalulintas yang disampaikan personel Satlantas dari Unit Dikyasa selaku pelatih dalam kegiatan itu.

    Selain untuk mengenalkan rambu rambu dan gerakan pengaturan lalulintas, anak anak yang didampingi guru dan wali siswa berkesempatan berkeliling Polres dan mengenal kendaraan polisi dan tugas polisi secara dekat.

    Kasatlantas AKP Aditya Mulia Ramdhani SIK menuturkan, kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama Polres Kebumen dengan lembaga PAUD di empat desa di kecamatan Ambal untuk mengisi kegiatan akhir semester.

    "Kita ingin mengenalkan tugas Polisi, termasuk mengajarkan anak tentang rambu dan aturan berlalu lintas yang baik dan benar. Kesadaran untuk tertib berlalu lintas ini penting ditanamkan sejak usia dini agar ketika mereka dewasa kelak menjadi pengendara yang patuh aturan berlalu lintas," bebernya.
    Disisi lain, Aditya juga sepakat bahwa kegiatan ini salah satunya untuk menghilangkan rasa takut anak terhadap polisi. Kemudian, memberikan himbauan kepada orang tua untuk berhenti melakukan hal ini.
    “Polisi adalah sahabat dan mitra masyarakat, bukan sosok yang harus ditakuti," kata dia sambil tersenyum. (has)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top