• Berita Terkini

    Rabu, 23 Desember 2015

    Komunitas Stand Up Comedy Kebumen "Goes To School"

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Komunitas Stand Up Comedy Kebumen mengadakan "Stand Up Comedy Goes to School". Selain untuk menghibur kegiatan "Stand Up Comedy Goes to School" juga untuk mengenalkan kepada para pelajar tentang Stand Up Comedy.

    Selain mendapatkan hiburan pada "Stand Up Comedy Goes to School" para siswa juga akan diberi pemahaman tentang Stand Up Comedy. dan tips atasi demam panggung. Salah satu kegiatan "Stand Up Comedy Goes to School" yang sudah dilakukan adalah workshop stand up comedy di SMA Negeri 1 Buluspesantren. Beberapa waktu lalu.

    Penanggungjawab kegiatan workshop Agus Syarif PH  mengatakan, pada kegiatan tersebut para siswa akan mendapatkan penjelasan meliputi teknis penulisan materi stand up comedy, dan tata cara menghadapi demam panggung.

    Acara yang berlangsung selama 2,5 jam ini dimulai dengan "workshop" stand up comedy. Disini para siswa bisa bertanya tentang stand up comedy termasuk teknik menulis materi stand up comedy dan juga cara mengatasi demam panggung. Menurutnya sedikitnya terdapat empat cara dalam mengatasi demam panggung diantaranya, santai dan tenang, atasi tegang, rencanakan konsep dan  berlatih.

    Lebih lanjut Agus  menjelaskan untuk menciptakan rasa tenang, maka komika (peserta stand up comedi) disarankan untuk tidak membayangkan hal-hal buruk, namun peserta harus menganggap bahwa penampilannya merupakan sebuah kesempatan emas. “Dengan  begitu maka peserta akan berusaha untuk memunculkan potensinya. Tanpa memikirkan hal-hal buruk,” tuturnya

    Salah satu kendala yang kerap dialami oleh para komika adalah rasa tegang. Rasa tegang dapat dihilangkan dengan membayangkan hal-hal yang positif. Selain itu konsep juga harus benar-benar matang. Dengan mendapatkan tepuk tangan dari audien maka rasa tegang biasanya akan hilang. “Selain itu rasa tegang bisa dihilangkan dengan mengunyah permen karet,” katanya didampingi Septaryan Umar yang juga merupakan penanggung jawab da pendiri komunitas stand up comedy Kebumen.

    Agus kembali menerangkan untuk menghilangkan deman panggung, komika juga harus merencanakan konsep dengan sebaik mungkin. Menurutnya poin ini sangat penting untuk meningkatkan rasa percaya diri. Saat komika akan tampil maka mereka harus bener-benar menguasai materi yang akan disampaikan. Meskipun diatas panggung terkadang harus ada improvisasi. “jika demam panggung sudah teratasi, maka rasa ketagihan untuk kembali tampil sempurna akan selalu anda rasakan. Untuk mencapai itu semua maka komika harus rajin berlatih,” ungkapnya.

    Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan bedah novel komedi JOMBLOSAURUS  karya Dion Miftahudin,  yang juga anggota komunitas stand up comedy Kebumen. Acara kemudian di lanjutkan denngan stand up comedy yang menampilkan lima komika secara bergantian. “ jika ada sekolah yg berminat didatangi Komunitas Stand Up Comedy Kebumen bisa menghubungi penanggung jawab komunitas, Agus Syarif selaku di nomor Hp 087715208657,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top