• Berita Terkini

    Rabu, 13 September 2023

    Saudara Dirlantas Polda Metro Jaya Menang Pikades di Kebumen

     


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 49 desa di 22 kecamatan di Kebumen menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Selasa (12/9/2023). Sebanyak 151 calon mengikuti hajata demokrasi tingkat desa ini


    Dari para peserta itu, ada Nurchamid yang maju  dalam kontestasi Pemilihan Kepala Desa Jatimulyo Alian. Nurchamid kemudian terpilih. Ia berhasil mengalahkan lawanya Wachidun Kusniyanto, yang merupakan calon pertahana. Nurchamid sendiri diketahui sebagai Kakak kandung Dirlantas Polda Metro Kombes Latief Usman.


    Pemilihan berlangsung di Balai Desa setempat. Usai penghitungan suara, Ketua Panitia Pilkades Desa Jatimulyo Tubari mengumumkan bahwa Nurchamid menjadi pemenang, Selasa (13/9).

    Nurchamid yang mengenakan jas hitam dan berpeci, langsung disambut oleh pendukungnya dengan sholawatan di halaman Balai Desa setempat. Nurchamid berhasil meraih suara sebanyak 1.147. Sedangkan lawannya memperoleh 947 suara.

    Dijelaskan Tubari, dari sektar 3.000 jiwa hak pilih, yang hadir sebanyak 2.428. Prosentase pemiih yang hadir sekitar  77,57 persen. Untuk suara rusak sebanyak 34.

    Tubari juga berterimakasih kepada masyarakat Desa Jatimulyo Alian yang hadir dan telah menggunakan hak hak pilihnya dengan baik.

    “Pemenang Pilkades Jatimulyo Bapak Nurchamid dengan Nomor Urut 1 meraih 1.447 suara. Sedangkan Bapak Wahidun Kusniyanto meraih 947 suara. Suara tidak sah 34 suara,” paparnya.

    Sekedar mengingatkan, di Kebumen setidaknya terdapat 49 desa di 22 kecamatan yang akan menyelenggarakan Pilkades serempak pada 12 September 2023. Dari 49 desa, total ada 151 calon kepala desa yang akan ikut Pilkades. 

    Terkait hal tersebut,  Pemerintah Daerah menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,2 Miliar untuk penyelenggarakan Pilkades serentak. Anggaran tersebut di antaranya untuk pembelian kertas suara, untuk biaya operasional panitia pemilihan kepala desa. 

    Dari 49 desa tersebut, ada beberapa calon kades yang merupakan pasangan suami istri. INi di Desa Donosari Sruweng. Ada juga calon kades yang masih punya hubungan saudara dengan calon lain. Secara umum proses pelaksanaan Pilkada berjalan aman dan lancar.

    Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH MH juga meninjau pelaksanaan Pilkades serentak. Beberapa lokasi yang ditinjau diantaranya Desa Bejiruyung Kecamatan Sempor, Desa Kretek Kecamatan Rowokele, Desa Ayah, dan desa Argopeni Kecamatan Ayah, serta Desa Rogodono Kecamatan Buayan.

    Di bagian lain, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyampaikan gelaran Pilkades di Kebumen kali ini aman dan lancar. "Alhamdulillah kita bersyukur Pilkades di Kebumen yang diikuti 49 desa berlangsung dengan aman dan lancar, antusias masyarakat sangat tinggi. Rata-rata tiap desa 80 persen masyarakat hadir untuk memberikan suaranya," ujar Bupati yang kemarin melakukan peninjauan

    Bupati meninjau sejumlah lokasi Pilkades, yakni di Desa Bejiruyung Kecamatan Sempor, Desa Kretek Kecamatan Rowokele, Desa Ayah, dan desa Argopeni Kecamatan Ayah, serta Desa Rogodono Kecamatan Buayan. 


    Bupati menuturkan, sejatinya ia saat ini seharusnya masih berada di Maroko untuk mengikuti Konferensi Internasional Global Global Network ke-10. Namun karena di daerahnya ada hajatan besar, Pilkades serentak, ia harus pulang lebih dulu.

    "Jadi saya pulang dulu dari Maroko, karena ingin memastikan bahwa Pilkades serentak ini aman, lancar tidak ada kericuhan," ucapnya.

    Diakui, ada beberapa desa yang berpotensi rawan terjadinya kericuhan. Namun, hal itu sudah diantisipasi. Pihak keamanan dari tim gabungan TNI/Polri dan Satpol PP sudah siap siaga mengamankan jalannya Pilkades serentak di Kebumen.

    "Kita juga telah memberikan pemahaman bahwa siapapun yang menang, yang kalah harus menerima. Yang menang juga tidak terlalu euforia, karena itu bisa memancing para pendukung yang lain untuk ribut. Harus bisa menghormati, dan lebih bijak," ucapnya.

    Pihaknya juga sudah meminta kepada para camat dan seluruh jajaran untuk turun langsung ikut mengamankan dan menjaga pesta demokrasi di tiap-tiap desa agar berlangsung aman dan lancar. "Perlu pendekatan persuasif kepada masing-masing calon, agar mereka saling menerima apapun hasilnya," ucapnya.

    Selain Bupati, Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, dan jajaran Forkompimda melakukan pantuan sendiri di sejumlah desa yang melaksanakan Pilkades


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top