• Berita Terkini

    Senin, 28 Agustus 2023

    Rizal Irawan Kusuma, Penyumbang Medali Emas Cabor Judo pada Porprov XVI Jateng


    Suka Judo Sejak Kecil, Terus Berlatih keras di Tengah Kesibukan sebagai Anggota Polri




    KEBUMEN - Tak salah menyebut judo masih menjadi salah satu cabang olahraga (cabor) ini andalan Kebumen. Prestasi terus lahir dari cabor ini. Pun demikian, Kebumen terus mencetak atlet-atlet judo tangguh


    Salah satunya,  Rizal Irawan Kusuma. Rizal Irawan bahkan baru saja menyumbangkan  medali emas dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI Jawa Tengah 2023. Siapa Rizal Irawan?

    Lahir di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen 22 tahun lalu, Rizal sudah sejak lama menyukai olahraga Judo. Setelah menginjak remaja, Rizal kemudian memilih untuk mendaftar sebagai polisi


    Singkat cerita, ia kini berstatus anggota Polri. Sehari-hari, Rizal bertugas di Sat Samapta Polres Kebumen. Di sela kesibukannya sebagai anggota Polri, Rizal terus mengasah kemampuannya dalam olahraga judo


    Usaha kerasnya tidak sia-sia. Ia baru saja  medali emas dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI Jawa Tengah 2023 di kelas 81 Kg. Rizal anak bungsu pasangan Sidjo dan Supinah menjadi salah satu penyumbang medali emas untuk atlet pengiriman Kabupaten Kebumen. 


    Prestasi Rizal Irawan pun mendapat apresiasi dari Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin. Kemarin, Senin (28/8), Kapolres Kebumen memberikan penghargaan khusus.

    Di hadapan para peserta apel yang terdiri dari pejabat utama Polres, Kapolsek jajaran, serta seluruh personel Polres Kebumen, Bripda Rizal menerima piagam  penghargaan yang bisa digunakan untuk menunjang karier ke depan.

    "Telah kita saksikan semua, salah satu personel yang berprestasi. Yang bersangkutan juara 1 tingkat Provinsi. Penghargaan ini bisa menjadi bekal bagi yang bersangkutan, baik tingkat provinsi, ataupun di lingkungan Polri," jelas AKBP Burhanuddin. 

    Lanjut Kapolres, penghargaan dalam institusi Polri merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi personel, karena sebuah prestasi yang berhasil diperoleh melalui kerja keras. 

    Penghargaan juga termasuk dalam 13 aspek komponen penilaian kinerja personel Polri yang dikelolah oleh SDM Polri yang berbasis IT, sebagai syarat naik pangkat ataupun sekolah Perwira bagi yang masih Bintara.

    "Ke depan, jika mau sekolah (sekolah inspektur polisi), piagam penghargaan bisa dilampirkan untuk kelengkapan administrasi. Jadi sangat berguna bagi karier personel," pungkasnya.

    Berprestasi dalam hal positif, menurut Kapolres harus selalu ditingkatkan. Sebagai anggota Polri, harus memiliki kebanggaan terhadap pekerjaan, serta menghindari segala pelanggaran.(*)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top