• Berita Terkini

    Senin, 19 Juni 2023

    Bupati Kebumen Beri Beasiswa untuk Guru PAUD

     


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-  Sebanyak 26 guru PAUD mendapatkan bea siswa dari Pemkab Kebumen. Bea siswa  untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Terbuka (UT) Purwokerto tersebut  diserahkan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto  pada saat gelaran Kebumen International Expo (KIE), Minggu (18/6/2023)


    Bupati menuturkan, total beasiswa yang diberikan berdasarkan kesepakatan tersebut untuk 51 orang, dimana 26 orang dari Pemkab Kebumen untuk guru PAUD dan 25 beasiswa dari UT dari lulusan SLTA. Mereka akan diberi kesempatan mengenyam pendidikan S-1.

    "Untuk guru PAUD kita berikan beasiswa yang linier dalam rangka penyesuaian gelar SPD PAUD. Jadi misalnya guru-guru PAUD yang tadinya kuliah di jurusan pendidikan matematika atau PGSD perlu disesuaikan agar liner dengan tugas dan pekerjaannya sebagai guru PAUD," ucapnya.


    Pemberian beasiswa ini juga sebagai bentuk konkrit tindaklanjut kesepakatan bersama antara Pemkab Kebumen dengan UT yang ditandatangani Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Rektor UT Ojat Darojat di Alun-alun Kebumen pada saat gelaran Kebumen International Expo (KIE), Minggu 18 Juni 2023.


    Penyesuaian gelar bagi guru-guru PAUD yang sudah pernah lulus S-1 hanya membutuhkan waktu tiga semester. Semua biaya kuliah tutur Bupati Kebumen ditanggung oleh Pemerintah Daerah.  "Dengan beasiswa ini mereka punya legalitas yang sah untuk menjadi guru PAUD, karena ada kesesuaian," ucapnya.


    <
    p> Selain dengan UT, Pemkab Kebumen pada kesempatan yang sama juga melakukan MoU dengan Universitas Sebelah Maret (UNS). Kerjasama ini menyangkut peningkatan kualitas SDM, pemberdayaan masyarakat, dan juga pembangunan. 


    Bupati menyatakan, bentuk kerjasama Pemkab Kebumen dengan UNS adalah rencana pembangunan kampus UNS di Kebumen. Nantinya akan membuka kurang lebih enam program studi. Dengan adanya UNS diharapkan bisa menambah kualitas SDM Kebumen.

    "Kita ada rencana untuk pembangunan kampus UNS di Kebumen untuk enam program studi. Kalau dulu sampai sekarang yang sudah ada di Kebumen yakni prodi PGSD, jadi besok kita tambah kampus lagi, agar SDM kita semakin berkualitas," ucap Bupati.

    Kemudian UNS memberikan beasiswa untuk masyarakat Kebumen lewat jalur prestasi. Bupati berharap, kerjasama ini terus ditingkatkan. Misalnya dalam bidang riset, penelitian, ataupun pengabdian masyarakat.


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top