• Berita Terkini

    Selasa, 02 Mei 2023

    Besok Terakhir, BSI Kebumen Berikan Kenyamanan Pelayanan Pelunasan Haji

     

    Ahmad Saifur Rohman / Kebumen Ekspres

    KEBUMEN - Bank BSI KCP Kebumen memberikan kemudahan pelayanan untuk pelunasan calon jamaah haji. Pelunasan biaya haji ini bisa dilakukan dengan BSI Mobile maupun datang ke kantor Bank BSI KCP Kebumen di Jalan HM Sarbini NO 201 A Kebumen. Hal itu sesuai surat pemberitahuan pembayaran pelunasan haji dari Kantor Kemenag Kabupaten Kebumen dilaksanakan pada tanggal 11 April s/d 5 Mei 2023.

    Brand Manager Bank BSI KCP Kebumen, Rajendra Wisnhu T, mengatakan dalam memfasilitasi transaksi pelunasan ongkos naik haji calon jamaah calon jamaah haji, baik secara offline dan online, yakni dengan perseroan mengandalkan layanan online yakni BSI Mobile. Terlebih momentum lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah ini, kantor BSI KCP Kebumen dipadati para calon jamaah haji yang melakukan pelunasan.

    "Setiap tahun kita mengikuti arahan dari Kementerian Agama, kita permudah untuk setiap proses pelunasan haji selain datang ke kantor, juga bisa lewat BSI Mobile tujuannya untuk mempercepat proses antrian di bank. Ini sejah puasa sampai pasca lebaran ini antrian pelunasan terus ada," katanya.

    Jendra menjelaskan, untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi nasabah, pihaknya menyediakan tempat duduk dan tenda tunggu serta penjagaan khusus oleh security.

    "Kita fasilitasi untuk kenyamanan para calon jamaah haji yang melakukan proses pelunasan, ini karena banyaknya antrian untuk pelunasan jamaah haji," katanya.

    Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kebumen, Ibnu Asaduddin melalui, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Suwaibatul Aslamiyah mengatakan, pihaknya menindaklanjuti surat dinas Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor : B-10105/DJ/Dt.II.II.1/KS.02/4/2023 perihal pelunasan haji reguler tahun 1444 H /2023M. Yakni pembayaran pelunasan dilaksanakan pada tanggal 11 April s/d 5 Mei 2023 mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB di masing-masing BPS Bipih dengan besaran pelunasan senilai Rp 24.893.981,-.

    "Syarat pelunasan, dengan membawa KTP asli, Buku Tabungan Haji, atau buku rekening haji, dan bukti asli setoran awal dan bukti asli setoran lunas bagi lunas tunda," katanya.

    Selain itu, untuk jemaah lunas tunda tahun 2020 dan tahun 2022 yang tidak mengambil dana pelunasannya hanya melakukan konfirmasi pelunasan di BPS Bipih tanpa melakukan pembayaran. Pelunasan Bipih dapat dilakukan melalui sistem teller, non teller dan langsung tanpa tatap muka.

    "Khusus untuk bank Muamalat dilaksanakan tanggal 2 dan 3 Mei 2023 pada jam yang sama di aula Kankemenag Kabupaten Kebumen,"katanya.

    Tak hanya itu, para calon jamaah membawa bukti pelunasan disetorkan ke Kemenag Kebumen dengan melampirkan Fotocopy KTP sebanyak 5 lembar, Fotocopy KK 5 lembar, Pas Foto ukuran 2x3 sebanyak 5 lembar, foto ukuran 3x4 sebanyak 10 lembar dan foto 4x6 sebanyak 10 lembar.

    "Untuk foto dengan tampak wajah 80% dan background putih tanpa tutup kepala, tidak berkacamata, tidak pakai baju putih bagi laki-laki dan

    tidak berkerudung putih bagi perempuan. Seluruh berkas dimasukan dalam Stopmap dan ditulis identitas Nama,

    Nomor Porsi Haji, Alamat dan Nomor HP/WA yang aktif," jelasnya. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top