• Berita Terkini

    Kamis, 11 Mei 2023

    Bawa Dua Mantan Bupati, Nasdem Partai Pertama Daftar Bacaleg di Kebumen


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-DPD Partai Nasdem Kebumen menjadi partai yang pertama mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di KPU Kebumen. Pendaftaran dilakukan di hari pertama pendaftaran Bacaleg, Kamis (11/5/2023).


    Rombongan Bacaleg, Pengurus, Kader serta Anggota Partai Nasdem Kebumen mendatangi KPU dengan menggelar Kirab Budaya. Selain menampilkan Tari Cepetan, Angklung dan juga tarian lawet, iring-iringan dimeriahkan dengan drumband. Dalam hal ini 50 Bacaleg mendatangi KPU menggunakan kereta kuda dan juga becak. Sementara Ketua DPD Kebumen Faiz Alauddien Reza Mardhika memimpin iring-iringan dengan menunggangi kuda.


    Kirab budaya dimulai dari Lapangan Perumahan Syahzada Desa/Kecamatan Pejagoan, hingga ke KPU Kebumen. Turut hadir dalam iring-iringan Pembina DPD NasDem Kebumen Muhamad Yahya Fuad yang juga Mantan Bupati Kebumen.  Tampak pula mengikuti iring-iringan mantan Bupati Kebumen Gus Yazid Mahfud. 


    Ketua DPD Kebumen Faiz Alauddien Reza Mardhika saat ditemui menuturkan Kirab Budaya dilaksanakan guna memeriahkan mendaftarkan para calegnya ke KPU.Karenakan Partai NasDem juga memiliki ideologi nasionalis religius. Untuk itu DPD NasDem Kebumen ingin mengangkat nilai-nilai kebudayaan yang ada di Indonesia, utamanya di Kabupaten Kebumen. Dimana yang diangkat disini adalah kesenian asli Kebumen yakni Tari Cepetan, Angklung dan juga tarian lawet. 


    “Untuk pendaftaran DPD NasDem telah cukup dengan 50 orang Bacaleg. Ini juga dengan keterwakilam kuota perempuan 30 persen. Mereka merupakan kader terbaik yang dimiliki dan akan membawa semangat perubahan ke arah lebih baik kedepannya,” tuturnya.


    Bakal Caleg DPR RI yang berasal dari Partai NasDem merupakan putra daerah dari Partai Nasdem juga turut hadir memeriahkan pendaftaran. Ini meliputi Mantan Bupati Kebumen KH Yazid Mahfud, Aksin SH dan Amelia Anggraini. Dimana, target perolehan kursi adalah sebanyak-banyaknya baik DPRD, DPRD Provinsi maupun DPR-RI. 

    “Insyaallah kami siap untuk mengawal kader-kader terbaik, untuk  menjadi  calon wakil rakyat yang amanah dan memiliki semangat juang untuk kemajuan masyarakat,” katanya. 

    Sementara itu Ketua KPU Kebumen Yulianto saat menyampaikan hari ini dua Partai yang dikonfirmasi mendaftarkan para calegnya ke KPU yakni Partai NasDem dan juga PDI Perjuangan. Kini masih dilakukan proses verifikasi. 


    Dijelaskan, sebelum penyerahan dokumen pihak Liaison Officer (LO) dan Operator sudah melakukan koordinasi dan konsultasi untuk dilakukan pengecekan daftar dokumen yang akan diserahkan. Dari situ nantinya akan terlihat, kelengkapan dokumen sudah lengkap atau belum. 


    Untuk pendaftaran Bacaleg ke KPU sendiri, lanjut Yulianto, dilaksanakan hingga 14 mei 2023 jam 23.59 mendatang. Setelah itu kemudian masuk ke tahap  parpol yang dinyatakan lengkap masuk ke masa verifikasi administrasi. 


    Sementara itu,, Rombongan dari DPC PDI Perjuangan Kebumen juga mendatangi KPU Kebumen pada sore harinya. Turut hadir dalam iring-iringan Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH dan Wakil Bupati Kebumen Hj Ristawati Purwaningsih SST MM.



    Ketua DPC PDI Perjuangan Saiful Hadi menjelaskan jumlah kedatangannya ke KPU yakni untuk menyerahkan SK asli dari Ketua DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri tentang Penetapan Bakal Calon DPRD Kebumen dari PDI Perjuangan.


    “Isinya SK tersebut meliputu jumlah Bacaleg PDI Perjuangan ada 50 orang. Ini terdiri dari 17 perempuan dan 33 laki-laki. Karena sistem pendaftaran Bacaleg saat ini sudah menggunakan sistem online SILON, serta pemberkasan melalui KPU proses masih akan kami lanjutkan,” jelasnya.


    Sementara itu Wabup Ristawati menyampaikan pihaknya merupakan Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan. Tentunya DPC PDI Perjuangan  merupakan rumah besar. Ini memiliki tiga pilar yakni struktur, eksekutif dan legislafif. 

    “Tiga pilar tersebut harus bersatu, sehingga perjuangan di Kebumen kuat. Kami bersama-sama disini untuk mengantar Bacaleg yang sudah di SK an oleh DPP. Tentunya terget kita adalah menang spektakuler,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top