• Berita Terkini

    Jumat, 17 Maret 2023

    Teken Kerja Sama, BPJS Kesehatan Hadir di MPP Kebumen

     Saefur Rohman / Kebumen Ekspres

    KEBUMEN - BPJS Kesehatan Cabang Kebumen teken kerja sama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu  (DPMPTSP) Kabupaten Kebumen, Rabu (15/3/2023). MoU ini sebagai bentuk sinergitas antara BPJS Kesehatan dengan Pemkab Kebumen untuk mendukung program Mall Pelayanan Publik Kebumen secara gratis.

    Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kebumen, Dany Saputro, mengatakan penandatanganan penyelenggaraan layanan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kebumen dilakukan untuk mendukung program pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan publik dan meningkatkan kolaborasi lintas satuan kerja dalam rangka optimalisasi program JKN serta meningkatkan derajat kepuasan pelayanan publik.

    "Melalui kanal layanan JKN di MPP Kebumen masyarakat bisa mengurus administrasi kepesertaan. Masyarakat bisa mendapat layanan pendaftaran peserta baru, penambahan atau pengurangan anggota keluarga. Kemudian bisa juga mendapat layanan perubahan data seperti perubahan data diri, perubahan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), perubahan kelas rawat, peralihan jenis kepesertaan. Selain itu juga bisa mendapat layanan informasi dan penanganan pengaduan," katanya.

    Tak hanya itu, layanan JKN di MPP Kebumen juga menjadi media dalam mensosialisasikan berbagai inovasi BPJS Kesehatan. Tujuannya agar masyarakat bisa teredukasi dan memanfaatkan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan.

    "Masyarakat yang tidak bisa berkunjung secara langsung bisa memanfaatkan inovasi kanal layanan non tatap muka yang mencakup pelayanan administrasi melalui whatsapp (PANDAWA), Chat Assistant JKN (CHIKA) atau aplikasi Mobile JKN," ujarnya.

    Sementara itu, Bupati Arif Sugiyanto menyampaikan, hadirnya MPP Kebumen merupakan salah satu terobosan Pemerintah dalam menjawab harapan dan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan publik yang cepat, tepat, dan murah. 

    "MPP diselenggarakan dengan menyatukan seluruh jenis pelayanan yang ada ke dalam satu tempat dan sistem. Di sini jelas bahwa MPP menjadi ujung tombak pelayanan publik yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat sebagai wujud nyata pelaksanaan reformasi birokrasi," tutur Bupati.

    Bupati menuturkan, sejak diresmikan tanggal 20 Desember 2019 lalu, Kabupaten Kebumen termasuk salah satu dari tiga MPP pertama yang berdiri di Provinsi Jawa Tengah, dan ada 24  instansi vertikal dan Perangkat Daerah yang tergabung untuk memberikan pelayanan di MPP Kebumen. Jumlah kunjungan mencapai 35 ribu orang setiap tahunnya. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top