• Berita Terkini

    Senin, 20 Maret 2023

    Sambut Ramadan, Warga Jatiluhur Gelar Kenduri Bersama


    KARANGANYAR(kebumenekspres.com)- Sambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1444 H warga di Dukuh Karangjati Kelurahan Jatiluhur Karanganyar gelar acara Kenduri bersama. Kenduri digelar di Pelataran Makam Panembahan Tunggo Waseso. Kenduri tersebut merupakan tradisi turun temurun yang dilakukan masyarakat Dukuh Karangjati setiap menyambut Bulan Suci Ramadan, Senin (20/3/2023).


    Diikuti puluhan warga dari berbagai kalangan usia, Kenduri tersebut juga sebagai wujud penghormatan kepada para leluhur atau pendahulu. Ini dilaksanakan dengan mengirimkan doa bersama jelang datangnya Bulan Puasa serta memperkuat jalinan silaturahmi antar masyarakat.


    Kepala Lingkungan (Kaling) setempat Joko Prihyanto menjelaskan kenduri tersebut merupakan tradisi masyarakat RW 01 Dukuh Karangjati Kelurahan Jatiluhur. Ini tetap dilesterikan secara turun temurun hingga saat ini. 


    “Warga dari berabagai kalangan usia berbondong-bondong datang dengan membawa nasi lengkap beserta lauk-pauknya.  Kita juga melantunkan doa bersama dan kemudian makan bersama,” tuturnya.

    Dalam kesempatan tersebut, para wargga juga saling bertukar makanan dan lauk pauk. Suasana menjadi semakin akrab dimana warga dapat berkumpul bersama dan makan bersama tanpa memandang status sosial. Semua guyub rukun dan bersama bersatu. 

    Joko menambahkan Kenduri ini tidak lain sebagai ungkapan rasa syukur warga bisa berjumpa kembali dengan Bulan Ramadan. Ini untuk menyambut bulan yang sangat mulai dan penuh ampunan. Selain itu juga bertepatan dengan warga yang baru saja selesai melaksanakan panen raya. 


    "Intinya kita syukuran. Menyambut Bulan Suci Ramadan, sekaligus syukuran atas panen raya yang baru saja selesai,” ungkapnya.

    Pihaknya berharap kegiatan seperti ini bisa dimaknai positif dan terus dilestarikan. Karena bisa untuk mempererat tali silaturahmi sesama warga. Dan pada saatnya nanti semua warga bisa menjalankan ibadah puasa di bulan Suci Ramadan dengan lancar.


    “Besar Harpanya bisa mempererat tali silaturahmi. Kita semua berdoa agar nantinya di Bulan Ramadan dapat menjalankan ibadah dengan lancar. Selain itu juga dapat memperbanyak amal kebaikan dan meningkatkan kepedulian dengan sesama,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top