• Berita Terkini

    Jumat, 13 Januari 2023

    Inspektorat Kebumen Bakal Turun ke Seluruh Desa


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Jajaran OPD di Kebumen bakal mendapat pengawasan melekat. Ini setelah  Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyatakan  seluruh pengguna anggaran bakal diperiksa inspektorat.


    Pengguna anggaran ini meliputi OPD, kecamatan, kelurahan, BUMD, desa termasuk di dalamnya ada sekolah negeri, dan Puskesmas. Mengacu pernyataan Bupati, pemeriksaan melekat akan diberlakukan tahun ini


    "Tahun ini kita lakukan pemeriksaan secara serentak keseluruhan untuk pengguna anggaran, baik itu OPD, kecamatan, kelurahan, BUMD, desa, sekolah negeri, sampai puskesmas. "


    "Kemarin kita sudah mulai untuk pemeriksaan desa di Kecamatan Pejagoan," ujar Bupati Arif saat acara sosialisasi pengawasan serentak  di Kompleks Pendopo Kabumian, Kamis (12/1/2023)

    Pemeriksaan ini kata Bupati, untuk mengetahui instansi atau lembaga pemerintahan ini sehat atau tidak. Baik dalam hal pengelolaan anggaran, manajerial, dan juga program kerja. "Jangan sampai ketika ada yang pensiun, justru malah ditemukan masalah, makanya laksanakan betul tata aturannya," ujarnya.


    Pihaknya meminta seluruh instansi atau lembaga pemerintahan agar tidak khawatir dengan adanya pengawasan ini. Sebab, bila ditemukan kesalahan administrasi atau ada temuan kekurangan, misalnya dalam hal pembayaran pajak dan sebagainya, maka diberi kesempatan  untuk memperbaiki, atau melengkapi kekurangan.

    "Jadi ada batas waktu yang kita berikan dalam pengawasan ini untuk melengkapi, misalnya ada kesalahan administrasi, atau kekurangan dalam bayar pajak, atau volume pekerjaan. Kalau sampai batas waktu tidak diindahkan, baru bisa dibawa ke penegak hukum," terangnya.


    Di tempat yang sama, Plt Inspektur Kebumen Amin Rahmanurasjid menambahkan, untuk pemeriksaan di pemerintah desa meliputi kelembagaan desa, pengelolaan  Dana Desa, Apbdes, dan program kerja. Dalam satu bulan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan seluruh desa di dua kecamatan. 



    "Sehingga tahun ini kita targetkan 449 dapat dilakukan pemeriksaan semua desa di Kabupaten Kebumen. Pemeriksaan ini dilakukan dengan sinergi dengan pengawas dan pembinaan yang dilakukan oleh Camat. Camat akan melakukan pembinaan dengan memeriksa kelengkapan administrasi kelembagaan dan  pengelolaan keuangan desa," ucapnya.



    Kesalahan yang sering ditemukan kata Amin, berkaitan dengan pembayaran pajak yang masih kurang, kesalahan dan kurang lengkap administrasi, pajak yang belum dibayar dan kekurangan volume pekerjaan. Persoalan ini juga kerap sama ditemukan di instansi atau lembaga pemerintahan yang lain, baik OPD, maupun kecamatan. "Insya Allah kita juga menargetkan pemeriksaan bagi seluruh pengguna anggaran di Kabupaten Kebumen tahun ini bisa diselesaikan," tandasnya.  (fur)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top