• Berita Terkini

    Minggu, 18 Desember 2022

    Jelang Nataru, Harga Bawang dan Daging Ayam di Kebumen Naik


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat mulai merangkak naik. Utamanya pada komoditas daging ayam dan juga bawang merah. Ini naik antara Rp 3 ribu hingga Rp 5 ribu perkilogramnya. 


    Dari pantauan harga di Pasar Tumenggungan Kebumen, harga bawang merah mencapai Rp 35 ribu, naik Rp 5 ribu perkilogramnya. Sedangkan daging ayam naik Rp 3 ribu menjadi Rp 32 ribu dari sebelumnya Rp 29 Ribu perkilogramnya, Kamis (16/12/2022).


    Salah sati Pedagang sayuran Pasar Tumenggungan Kebumen Tria Rahmawati mengatakan kenaikan harga bawang merah terjadi dimungkinkan akibat cuaca buruk yang terjadi akhir akhir ini. Sehingga pasokan barang berkurang. Sedangkan untuk cabai rawit harganya kini masih stabil diharga Rp 40 ribu perkilogramnya. 

    Kemudian untuk tomat buah sejak satu bulan lalu harganya Rp 20 ribu, kini mengalami penurunan di harga Rp 18 ribu perkilogramnya. Sedangkan untuk tomat kecil harganya Rp 15 ribu perkilogramnya. 


    Adapun bawang putih juga tidak mengalami kenaikan, saat ini harga eceran tertinggi di harga Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu perkilogramnya. Menurutnya, menjelang Natal dan Tahun Baru tahun, belum ada kenaikan harga yang signifikan untuk barang kebutuhan pokok masyarakat. 


    “Kalau bawang merah stok kemarin banyak, tapi sekarang berkurang karena cuaca mungkin ya. Sehingga harganya naik,” paparnya.

    Sementara itu Badriyah Pedagang Daging Ayam di Pasar Tumenggungan Kebumen mengatakan kenaikan harga daging ayam sudah terjadi sejak 3 hari yang lalu. Dimana kenaikan setiap harinya yakni Rp 1.000 perkilogramnya. Kini harga daging ayam mencapai Rp 32 ribu perkilogramnya. 


    Menurutnya, kemungkinan harga tersebut akan kembali naik. Pihaknya juga tidak mengetahui, sebab kenaikan terjadi. Karena pasokan daging ayam juga banyak, namun kemungkinan karena permintaan daging yang meningkat menjelang Libur Natal dan tahun baru.  “Naik terus 3 hari dari harga Rp 29 sekarang Rp 32 ribu perkilogramnya, kenaikan setiap hari Rp 1.000,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top