• Berita Terkini

    Kamis, 14 Juli 2022

    UPB Kebumen Resmikan Aula Perpustakaan dan Ruang Kuliah


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Universitas Putra Bangsa (UPB) Kebumen meresmikan Aula Perpustakaan dan Ruang Kuliah baru. Acara juga dihadiri oleh Sekda Kebumen H Ahmad  Ujang Sugiono SH mewakili Bupati Kebumen, Kamis (14/7/2022).


    Acara peresmian dilaksanakan di Aula Ronggowarsito UPB . Hadir dalam acara tersebut Ketua Yayasan Pendidikan Putra Bangsa Kebumen Dr H Slamet Ahmadi MM.

    Dalam sambutannya Dr Gunarso Wiwoho SE MM menyampaikan tantangan besar yang dihadapi perguruan tinggi pada umumnya adalah meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya “budaya mutu”. Untuk itu Universitas Putra Bangsa senantiasa berkomitmen untuk terus melakukan peningkatan mutu, baik dari sisi Akademik maupun Non-Akademik. “Salah satu bentuk komitmen Universitas Putra Bangsa adalah dengan terus memperbaiki dan menambah Sarana dan Prasarana perkuliahan,” tuturnya.


    Ini diantaranya meliputi pembangunan Gedung Aula dan Perpustakaan yang dimulai pembangunannya pada 9 Agustus 2021.  Gedung Aula dan Perpustakaan tersebut dibangun tiga  lantai, dengan luasan kurang lebih 1800 meter persegi. Nantinya akan difungsikan selain untuk aula, dan perpustakaan juga ruang kuliah. “Ini direncanakan selesaikan pada 30 Agustus 2022,” ungkapnya.


    Disampaikan pula, Universitas Putra Bangsa secara konsisten melakukan Penjaminan Mutu internal (SPMI) dan Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). Universitas Putra Bangsa telah memiliki dan mengembangkan Penjaminan Mutu (Quality Assurance) semenjak tahun 2004 sebagai sebuah sistem penjaminan mutu internal yang dilakukan secara mandiri. 


    Dengan Penjaminan Mutu ini diharapkan tumbuh budaya “mutu” secara berkelanjutan (Continuous Quality Improvement) dan secara simultan terjadi Peningkatan kualitas sistem pengelolaan, Alhamdulillah selain Akreditasi melalui Badan Akreditasi Nasional (BAN_PT) dan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM_PT). Sebagai Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) yang merupakan bentuk pengakuan Pemerintah atas Keberadaan, Tatakelola, dan Kualitas sebuah Perguruan Tinggi atau Universitas.

      “Universitas Putra Bangsa juga melakukan proses sertifikasi ISO, dengan 2 sertifikasi sekaligus, ISO 21001:2018 tentang Pengelolaan Perguruan Tinggi, ISO 9001:2015 tentang Manajemen Sistem dari 2 lembaga sertifikasi bereputasi DGI Certification dan Global Managemen System Certification yang berpusat di Australia,” jelasnya.


    Ketua Yayasan Pendidikan Putra Bangsa Kebumen Dr H Slamet Ahmadi MM menyampaikan di Kebumen sendiri terdapat beberapa kampus baik sekolah tinggi atau unibersitas. Mereka adalah mitra yang saling berlomba-lomba dalam kebaikan. Dengan demikain secara bersama-sama mengembangkan SDM di Kebumen. Antar kampus adalah mitra atau teman, bukan kompetitor seperti halnya dalam perusahaan.


    “Kiat yang dilakukan dalam memajukan perguruan tunggi yakni peningkatan kualitas dosen, yang kedua peningkatan kurikulum, terus sarana dan prasarana yang memadai serta membekali mahasiswa dengan soft skill dan pendidikan karakter,” paparnya.


    Sementara itu Sekda Kebumen H Ahmad Ujang Sugiono membacakan sambutan Bupati Kebumen menyambut baik berdirinya Aula di Universitas Putra Bangsa Kebumen. Ini merupakan inisiatif yang perlu kita dukung dan diapresiasi. 

    “Akan tetapi, selain penyediaan infrastruktur, yang juga sangat penting adalah akses mahasiswa untuk magang,untuk belajar sambil bekerja di dalam industri,” katanya.

    Disampaikan pula Perguruan tinggi memainkan peran penting dalam ilmu pengetahuan. Lantas dari mana asal pengetahuan itu? Tidak lain dari baca, baca, baca, dan baca. Membaca bisa di mana saja dengan sumber beragam bisa didapat dengan mudah. Namun, meski demikian, buku cetak tetap tidak tergantikan karena memiliki struktur lengkap dari awal hingga akhir yang utuh, tidak terpotong-potong.


    “Oleh sebab itu pula, dalam kesempatan yang baik ini, saya ingin menegaskan bahwa perguruan tinggi juga harus bisa mewujudkan kualitas pendidikannya guna mencerdaskan kehidupan bangsa melalui peran perpustakaan,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top