• Berita Terkini

    Kamis, 14 Juli 2022

    Kapolres Kebumen Minta Mobil Patroli Senantiasa Siaga


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Keberadaan mobil patroli sangat vital bagi jajaran Polri. Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin pun meminta anak buahnya menjaga mobil dinas ini dan memastikannya harus dalam kondisi siap menjalankan tugas


    Hal itu disampaikan  Kapolres saat melakukan pengecekan kendaraan mobil patroli backbone milik Polsek jajaran, Rabu (13/7). Saat itu, mobil dibariskan lalu dilakukan pengecekan. Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan mobil dalam keadaan sehat dan siap digunakan untuk patroli sewaktu-waktu. Tampak mendampingi Kapolres, Wakapolres Kompol Edi Wibowo beserta pejabat utama Polres


    "Silahkan berpatroli, rekan-rekan hadir secara langsung di tengah masyarakat. Gunakan mobil patroli ini dengan baik. Kegiatan patroli memberikan rasa aman kepada masyarakat," jelas AKBP Burhanuddin saat memimpin apel pengecekan kendaraan. 


    Selain mengecek kebersihan dan kondisi mesin, Kapolres juga melakukan pengecekan alat GPS yang dipasang di tiap-tiap mobil. Alat tersebut terkoneksi dengan SPKT Polres Kebumen sehingga kegiatan patroli langsung bisa dimonitor dan dikendalikan dari Polres jika ada situasi insidentil.

    Situasi insidentil dari masyarakat yang dimaksud, jika terjadi hal yang perlu kehadiran Polri melalui laporan masyarakat yang diterima SPKT Polres, mobil patroli langsung dapat diarahkan ke titik tersebut.


    Mobil patroli backbone sangat fungsional jika dilihat topografi Kabupaten Kebumen. Mobil double cabin dengan mesin penggerak 4x4 dengan mudah menjelajah Kebumen yang memiliki daerah berbukit, hingga daerah pesisir.


    Bahkan saat evakuasi banjir dan bencana alam longsor yang sering melanda Kebumen sekalipun, mobil patroli backbone dengan mudah menembus ke pelosok melakukan tugas kemanusiaan. "Rawat dengan kendaraan patroli, karena masyarakat sangat membutuhkan kehadiran kita," tukas AKBP Burhanuddin. 

    Kehadiran mobil patroli di tengah masyarakat sembari menyalakan lampu rotator warna biru khas Polri juga memberikan efek positif bagi warga terutama untuk mengantisipasi kejahatan.


    Seringkali pelaku kejahatan mengurungkan niatnya karena melihat mobil patroli polisi mobiling hingga tingkat desa. Kasubsi Penmas Aiptu S Catur Nugraha menambahkan, warga jangan sungkan menyapa petugas patroli jika sedang berpatroli ke desa-desa. "Kami akan sangat berterima kasih sekali jika warga juga ikut aktif memberikan informasi tentang situasi Kamtibmas di wilayah masing-masing. Warga bisa melaporkan atau menceritakan melalui petugas kami yang sedang berpatroli," katanya.(win/cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top