• Berita Terkini

    Rabu, 20 Juli 2022

    Petugas BPJS Satu “Siap Membantu” Melayani Kebutuhan Peserta JKN


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)– Sebagai bentuk peningkatan mutu layanan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan mempunyai program BPJS Satu (BPJS Siap Membantu). Petugas BPJS Satu merupakan optimalisasi dari fungsi petugas Pemberian Informasi dan Penganganan Keluhan (PIPP). 


        Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kebumen, Titus Sri Hardianto, menyampaikan Petugas BPJS Satu bertugas melakukan kunjungan baik ke FKRTL (Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan) dan FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) secara berkala, untuk melakukan customor visit sekaligus meminta feedback kepuasan peserta rawat inap maupun peserta rawat jalan.


        “Agar mudah dikenali oleh peserta JKN Petugas BPJS Satu mengenakan rompi khusus selama bertugas. Melalui Petugas BPJS Satu ini diharapkan kebutuhan informasi dan penanganan keluhan peserta JKN di fasilitas kesehatan dapat terpenuhi,”ungkap Titus (14/07/2022). 


        Dalam pelaksanaan kunjungan di FKRTL, BPJS Satu akan melibatkan Petugas PIPP rumah sakit, sedangkan dalam pelaksanaan kunjungan di FKTP akan melibatkan Person In Charge (PIC) FKTP. Hal ini sebagai bentuk koordinasi dalam melaksanakan pemberian informasi dan penanganan pengaduan peserta sehingga dapat meningkatkan layanan kepada peserta JKN.


         Dalam kunjungan BPJS Satu ke Rumah Sakit PKU Gombong Kebumen misalnya, PIPP RS PKU Gombong, Eli Purwati mengaku senang karena terbantu dalam melayani peserta JKN dengan adanya program BPJS Satu.  

        “Kami merasa terbantu dengan adanya BPJS Satu yang melakukan customer visit ke PKU Gombong, selain membantu dalam menangani kebutuhan informasi dan penanganan keluhan peserta rawat inap, kami juga bisa berkonsultasi terkait hal-hal administrasi maupun aplikasi saluran informasi dan penanganan pengaduan rumah sakit (SIPP) RS,”ujarnya. 


        Hal senada disampaikan Warto (56) salah satu pasien rawat inap PKU Gombong saat dikunjungi oleh Petugas BPJS Satu. Ia merasa senang mendapat perhatian dengan dikunjungi langsung oleh petugas BPJS Satu. 


        “Petugas ramah dan informatif, saya jadi tidak sungkan untuk bertanya perihal Program JKN,” tuturnya. 

        Warto bercerita dirinya mengalami sakit ginjal sehingga membutuhkan perawatan kesehatan rutin setiap bulannya. Ia mengaku selama ini mendapatkan layanan yang bagus dan memenuhi kebutuhan kesehatannya. Terakhir ia berharap Program JKN bisa terus berkesinambungan dan terus meningkatkan layanannya, termasuk layanan BPJS Satu.  (fur/rn)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top