• Berita Terkini

    Minggu, 10 Juli 2022

    Pastikan Bebas PMK, Daging Hewan Kurban Diperiksa


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Untuk memastikan hewan kurban bebas dari virus PMK dan aman dikonsumsi masyarakat sejumlah Petugas Kesehatan Hewan Kebumen memantau penyembelihan hewan kurban di sejumlah tempat. Para petugas memastikan keamanan daging.


    Seperti halnya di Pondok Pesantren Al-Hasani Kecamatan Alian Kebumen, Petugas Kesehatan Hewan Distapang Kebumen dan Kecamatan Alian memantau jalannya penyembelihan hewan kurban dan pengolahan daging kurban. Disini petugas tidak menemukan hewan kurban yang terjangkit PMK dan terbebas dari cacing hati yang biasanya menjangkiti hewan ternak, Minggu (10/7/2022). 


    Dari empat sapi ekor dan tiga Kambing yang disembelih di Ponpes Al Hasani kesemuanya sehat dan tidak terjangkit virus PMK. Namun demikian, masyarakat tetap diminta untuk mengolah daging dengan standarisasi kesehatan. 


    Usai diolah, daging kurban tersebut langsung didistribusikan kepada masyarakat. Ini agar daging bisa langsung dimasak oleh masyarakat. Plastik pembungkus juga dihimbau untuk segera dibakar. 


    Maraknya PMK memang menjadi momok tersendiri bagi peternak, penjual hewan serta masyarakat. PMK tidak memang menular ke manusia, namun demikian kewaspadaan tentunya menjadi hal yang musti dilakukan. 


    Camat Alian Kinanto disela-sela pemantauan menegaskan dari

    hasil pemeriksaan tidak ditemukan adanya hewan yang sakit. Semua hewan sehat dan tidak terjangkit penyakit. Terlebih penyakit  PMK. 


    “Dari tim kami dokter kesehatan hewan hingga kini sampai dengan siang ini tidak menemukan adanya hewan yang sakit. Semua sehat.  Namun demikian masyarakat  tetap harus waspada mengolah daging dengan standar kesehatan. Plastik pembungkus sebaiknya segera dibakar dan jeroan untuk dipisahkan,” tuturnya.

    Hal senada juga disampaikan oleh Pengasuh Pesantren Al Hasani Gus Fachrudin Ahmad Nawawi. Pihaknya menyampaikan sebelumnya hewan kurban memang sudah dipastikan kesehatannya. Adanya permeriksaan semakin menguatkan dan menyakinkan bahwa hewan kurban benar-benar sehat.


    “Alhamdulillah kemarin pada hewan yang datang ke lokasi Ponpes Al Hasani, kondisinya  dipastikan sehat.  Ini baik sapi maupun kambing semua terbebas dari PMK, InsyaAllah kita distribusikan pada hari ini juga diperkirakan jam 1 sampai jam 2 selesai,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top