• Berita Terkini

    Minggu, 08 Mei 2022

    Sumbang Kampung Halaman, Warga Perantauan Donorojo Salurkan Rp 2 Miliar

     


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Paguyuban Warga Kalikumbang (Pawakal) Desa Donorojo Sempor, menyumbang dana Rp 2 milyar. Ini digunakan untuk kemajuan Dukuhnya. Adapun bantuan tersebut, dipergunakan untuk membuat insfrastruktur jalan, membantu pembangunan masjid dan juga kegiatan sosial masyarakat yang berada di desa. 


    Hal itu disampaikan Ketua Pawakal Herman Komara saat menggelar acara halal bihalal di Halaman Rumahnya, Kamis (5/5/2022). Hadir dalam acara tersebut Kepala Desa Donorejo Admin dan para sesepuh Pawakal serta tokoh masyarakat setempat.


    Herman menjelaskan, sendiri telah berdiri sejak 17 Oktober 1996 silam. Ini memiliki misi untuk pembangunan desa, sosial dan religi secara bergotong royong. Awalnya Pawakal diinisiasi oleh 5 orang warga Kalikumbang yang berada di perantauan.  Meraka  yakni H Kimun, Kabul Budiono, Risto, Almarhum Jasmin dan juga Parsin. Hingga kini, Pawakal telah memiliki anggota sebanyak 260 orang


    “Mereka, mencoba mengumpulkan dan menyatukan warga asli Kalikumbang, agar terjalin kekompakan terutamanya dalam sumbangsih terhadap lingkungan,”’jelasnya.

    Adapun donasi terkumpul senilai Rp 2 milyar merupakan iuran dari para anggota. Dari bantuan tersebut saat ini telah dibangun 1 masjid, 4 musholla, lapangan dan pengecoran jalan sepanjang 6 kilometer.


    Sedangkan untuk kegiatan sosial Paguyuban ini selalu rutin mengadakan santunan anak yatim. Termasuk bantuan bagi warga yang terkena musibah. Untuk memantik kekompakan antar anggota, dalam setiap bulan rutin digelar arisan bergilir saat berada di perantauan. 


    Sementara itu Kades Donorojo Admin menyampaikan apresiasinya terhadap paguyuban pawakal. Menurutnya, keberadaan Pawakal sangat membantu masyarakat khususnya kurang mampu.


    “Saya ucapkan Terima kasih kepada paguyuban warga Kalikumbang yang telah membantu pemerintah desa dalam pembangunan insfrastruktur, yang mana hingga saat ini belum sama sekali dilirik oleh pemerintah daerah,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top