• Berita Terkini

    Kamis, 21 April 2022

    Klinik Sukses Medika Barikan Migor Gratis


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Datangnya bulan Ramadan menjadi saat berbagi. Demikian pula bagi Klinik Sukses Medika dengan menggelar aksi bakti sosial, kemarin. Kali ini, klinik yang berada di Jl Deandels Kecamatan Ambal menggelar donor darah massal.


    Menariknya, setiap pendonor yang lolos mendonorkan darahnya mendapatkan minyak goreng dan sembako gratis.


    Direktur Klinik Sukses Medika Ambal, dr Hena Imam Ramadhani mengatakan, program  donor darah massal di klinik miliknya ini merupakan perdana di bulan ramadhan. Program ini sebagai upaya membantu stok darah di UDD PMI Kebumen yang berada di Jalan Arumbinang Kebumen aman selama bulan puasa. "Donor darah ini baru pertama kali dan kebetulan bertepatan di bulan ramadhan," katanya kepada Ekspres kemarin.


    dr Hena menjelaskan, kegiatan itu merupakan wujud sinergitas antara Klinik Sukses Medika yang menjadi Faskes tingkat pertama bersama PMI Kabupaten Kebumen. Menurutnya, kebutuhan darah di Kabupaten Kebumen tergolong tinggi, untuk itu dengan donor darah yang digalakkannya bisa mendorong antusias masyarakat untuk mendonorkan darahnya.

    "Kebutuhan darah di Kebumen termasuk tinggi, kami yang diwilayah pesisir selatan mencoba turut serta dalam mengkampanyekan donor darah, dengan mendonorkan darah rutin selain tubuh kita sehat, juga kita bisa membantu kesehatan orang lain bahkan kita bisa menolong nyawa seseorang," ujarnya.


    Selain itu, donor darah perdana di Klinik Sukses Medika Ambal ini, untuk menarik para pendonor pihaknya menyiapkan beberapa paket sembako dan minyak goreng untuk diberikan secara gratis kepada para pendonor.

    "Ya biar masyarakat senang sedikit berbagi dari kami, kita berikan pilihan salah satu ada paket sembako atau minyak goreng agar masyarakat semangat dalam menjalani ibadah ramadhan," ujarnya.


    Terpisah, Ketua PMI Kabupaten Kebumen, Sabar Irianto, melalui Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Kebumen, dr Sri Fatmawati mengatakan, untuk menjaga stabilitas stok darah di PMI Kebumen aman, seperti biasa pihaknya menggalakan donor darah keliling yang menyasar masjid-masjid di wilayah Kabupaten Kebumen. "Untuk memastikan stok darah aman, donor darah keliling terus kita gulirkan dari masjid ke masjid, waktunya mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB," katanya.

    Selain itu, Sri Fatmawati menjelaskan, hingga pertengahan bulan puasa ini stok darah di PMI Kebumen tergolong aman meski ada sedikit peningkatan permintaan. Rata-rata permintaan dalam sehari mencapai 50-70 kantong darah. "Pertengahan bulan puasa ini sudah ada peningkatan permintaan, Stok darah insya allah bisa stabil untuk 3/4 kedepan masih aman setiap harinya, kecuali untuk trombosit stok terbatas, Permintaan darah dr rumah sakit Alhamdulillah terpenuhi," katanya. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top