• Berita Terkini

    Rabu, 23 Maret 2022

    Himpunan Advokat Kebumen Gelar Deklarasi


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Himpunan Advokat Kebumen (HAK) menggelar deklarasi. Hak sendiri merupakan kumpulan praktisi hukum yang terdiri dari lintas organisasi Advokat. Ini seperti Peradi Pimpinan Otto Hasibuan, Peradi Pimpinan Juniver Girsang dan Peradi Pimpinan Luhut Pangaribuan.


    Selain itu juga Kongres Advokat Indonesia (KAI) Indra Sahnun Lubis, KAI Tjoetjoe S Hernanto, Apsi, Perari dan lain sebagainya. Deklarasi dilaksanakan dengan mengusung tema “Meneguhkan soliditas antar sesama Advokat, demi terwujudnya Penegak Hukum yang berkeadilan”.


    Acara deklarasi juga dihadiri oleh perwakilan dari Kejaksaan Negeri dan Perwakilan Bupati Kebumen. Selain itu para Pengacara Senior Kebumen juga tampak hadir pada acara tersebut. Ini seperti Ketua Peradi Kebumen Dr Teguh Purnomo, dan Penasehat HAK Kebumen Pengacara HD Sriyanto.  Deklarasi dilaksanakan di Hotel Grand Kololopaking, Rabu (23/3/2022).


    Adapun isi deklarasi diantaranya, para Advokat Kebumen yang tergabung dalam HAK menyatakan menjaga solidaritas dan soliditas antar sesama Advokat Kebumen. Menjalankan profesi Advokat sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, kode etik serta nilai-nilai Kearifan Lokal Kebumen.


    Selain itu menghargai dan mendukung segala tindakan dan upaya pembelaan yang dilakukan oleh sesama Profesi Advokat, sepanjang tidak bertentangan dengan Undang-undang dan Kode Etik Profesi Advokat. Barsama HAK siap berperan serta menegakkan keadilan hukum, kepastian hukum dan kemanfaatan hukum di Kebumen.


    Setia kepada Pancasila, UUD 1945 serta mentaati segala ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia. Mendukung segala kebijakan Pemerintah Daerah Kebumen, sepanjang tidak bertentangan dengan hukum yang belaku.


    Ketua HAK Kebumen Bejo Pawiro SH menyampaikan di Kebumen banyak organisasi advokat. Di HAK ini para advokat dapat kumpul bersama tanpa skat. Menjadi salah satu tujuan HAK yakni terciptanya solidaritas antar lintas organisasi pengacara di Kebumen.


    “Proses terciptanya HAK sendiri cukup panjang, karena setiap organisasi advokat tentunya mempunyai visi dan misi masing-masing. Namun dengan seringnya bertemu akhirnya menemukan titik temu. Ayo guyub rukun dan saling membantu satu sama lain. Masalah dan tujuan kita sama,” tuturnya.


    Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH yang dibacakan oleh Asisten 3 Sekda Kebumen  Drs Maskemi menyampaikan menyambut baik serta mendukung adanya HAK. 

    “HAK menjadi tempat berkumpul para Advokat. Marilah bersama menjaga integritas, menjernihkan hati, pikiran serta tindakan.  Advokat di Kebumen semakin profesional,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top