• Berita Terkini

    Senin, 06 September 2021

    Tingkatkan Layanan, PDAM Gandeng SPAM Kartamantul Yogyakarta


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kebumen berkoordinasi dengan Sistem Penyedia Air minum (SPAM) Kartamantul Regional Yogyakarta. Ini dilaksanakan guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. 


    Koordinasi yang dilaksanakan meliputi keselarasan tarif dan juga pemeliharaan jaringan perpipaan air minum. 


    Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Perumda Air Minum Tirta Budi Sentosa Kebumen Zein Mustain usai Rapat Koordinasi dengan Direktur PDAM Tirtamarta Yogyakarta Majiya di Aula PDAM Kebumen Jum'at, (3/9/2021).


    Direkur Zein menyampaikan Perumda Air Minum Kebumen mengundang SPAM Kartamantul Yogyakarta dan juga SPAM Regional Keburejo (Kebumen dan Purworejo). Ini agar terjadi keselarasan ataupun pemeliharaan untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat. “Dimana keduanya sama halnya dengan Perumda Air Minum Kebumen yakni sama-sama pengguna SPAM Regional dari PDAM Tirtamarta Yogyakarta,” tuturnya.


    Disampaikannya, dalam pertemuan tersebut dibahas berbagai permasalahan operasional antara keduanya. Termasuk juga membahas permasalahan tarif yang dianggap masih perlu adanya penyesuaian. Disamping itu, permasalahan Pemelihara jaringan juga menjadi isu utama dalam pembahasan tersebut. 


    “Jadi permasalahan itu adalah satu masalah oprasional yang kedua adalah masalah tarif yang dianggap masih perlu adanya penyesuaian tarif. Terus juga permasalahan pemeliharaan jaringan termasuk fraksin itu yang menjadi isu yang utama,” ungkapnya. 


    Lebih lanjut Zein mengharapkan dengan ini Perumda Air Minum Kebumen akan lebih baik lagi dalam melayani masyarakat. Disamping itu, tarifnya bisa terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Meski tarif terjangkau namun kualitas air menjadi lebih baik. 


    “Harapannya adalah Perumda Air Minum Kebumen menjadi lebih baik lagi dalam melayani masyarakat. Selain itu tarifnya juga terjangkau. Pelayanan juga lebih bagus kualitas air juga lebih baik,” paparnya.


    Sebelumnya, Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kebumen juga melaunching Program Sehari Satu Sambungan Rumah (S3R). Hal tersebut untuk mendukung terwujudnya target 50 ribu pelanggan di tahun 2026 mendatang. 


    Sesuai Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN Tahun 2020-2024, peningkatan akses air minum layak pada tahun 2024 menjadi 100 persen atau setara dengan penambahan 10 juta sambungan rumah. 

    Untuk itu target Business Plan Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kebumen sampai dengan tahun 2026 menjadi 50 ribu Sambungan Rumah. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top