• Berita Terkini

    Jumat, 24 September 2021

    ODGJ di Kebumen Jalani Perekaman e-KTP


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sejumlah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Kebumen menjalani perekaman e-KTP. Petugas pun melakukan sambang ke tempat para ODGJ dirawat. Seperti halnya di RSUD Prembun dan orang jompo di Panti Mardi Guno Prembun, Kamis (23/9/2021). 


    Dalam kesempatan tersebut puluhan pasien menjalani perekaman yang dilaksanakan oleh petugas khusus. Mereka juga dipimpin Kepala Disdukcapil Kebumen Drs H Maskhemi MPd. Di RSUD Prembun sendiri, sebanyak 11 ODGJ warga Kebumen menjalani perekaman dan langsung memperoleh e-KTP. 

    Kepala Bagian Tata Usaha RSUD Prembun Tri Tunggal Eko Sapto mngemukakan mengungkapkan petugas perekaman didampingi pihak rumah sakit mendatangi satu persatu ruangan para ODGJ dirawat. Pihaknya pun mengapresiasi langkah cepat dalam proses pelayanan pembuatan e-KTP kepada pasien ODGJ.  "Kami sangat berterima kasih. Kini KTP merupakan hal yang sangat vital. Iya pake Jamkesda (pasien dirawat dengan biaya Jaminan Kesehatan Daerah)," jelasnya. 


    Sementara itu Kepala Disdukcapil Kebumen H Maskhemi menjelaskan proses perekaman semacam ini akan terus dilaksanakan. Ini mengingat permintaan yang terus berdatangan. Pihaknya menyebut, setelah perekaman, beberapa saat kemudian KTP elektronik pun telah telah tercetak. “KTP kami serahkan lewat Rumah Sakit Prembun,” imbuhnya. 


    Sebagai Kepala Disdukcapil Kebumen, Maskhemi mengimbau kepada masyarakat Kebumen apabila menjumpai atau mengetahui ada ODGJ, disabilitas dan jompo yang blm punya KTP, KK segera laporkan ke Dukcapil. Ini dapat dilaksanakanlewat desa, kecamatan atau langsung ke Kantor Disdukcapil. Setelah ada laporan maka akan segera dilakukan jemput ke rumah. 


    Perekaman e-KTP untuk ODGJ, disabilitas dan jompo juga merupakan bentuk menyukseskan program Program Bupati Kebumen yakni GO Layanan Adminduk Ora Antri Ora Sue Cepet Dadi (Go Lak).


    Sekedar mengingatkan Go Lak merupakan Program Bupati Kebumen. Dimana pemerintah akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pelayanan pembuatan e-KTP. Bahkan dalam program tersebut pemerintah akan jemput bola. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top