• Berita Terkini

    Minggu, 22 Agustus 2021

    HUT RI 76, Warga Kritig Gotong-Royong Bangun Pos Kamling


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Banyak cara yang dilaksanakan untuk Memperingati Hari Kemerdekaan. Salah satunya mengisi dengan hal-hal yang positif. Ini pula yang dilakukan oleh warga Desa Kritig Petanahan. Pada HUT RI Ke 76 ini, warga RT 03 RW 04 Dukuh Pedenokan, bergotong-royong membangun Pos Kamling.


    Sejatinya di Pos Kamling di desa tersebut sebelumnya telah ada. Namun demikian keberadaaanya perlu dipindah tempatnya, sekaligus direnovasi. Pada momentum Peringatan Kemerdekaan inilah proses tersebut dilaksanakan, Minggu (22/8/2021).


    Dalam kesempatan tersebut, masyarakat secara gotong-royong, gegap gempita dan penuh suka cita merenovasi Pos Kamling. Pekerjaan yang semula berat terasa lebih ringan karena dilaksanakan dengan penuh semangat kebersamaan.


    Puluhan orang secara bersama-sama mengangkat Pos Kamling secara utuh dari seberang jalan. Ini untuk diletakkan di tempat yang telah disediakan. Hal ini tentu saja menjadi pemandangan yang langka. 


    Ketua RT 03 RW 04 Dukuh Pedenokan Desa Kritig Petanahan Muhaimin menyampaikan beragam cara tentunya boleh dilaksanakan untuk memperingati HUT Kemerdekaa RI. Namun harus dengan hal-hal yang positif. “Adanya gotong-royong yang dilaksanakan tentunya akan meningkatkan persatuan dan kesatuan di masyarakat,” tuturnya


    Muhaimin juga mengapresiasi kegiatan positif yang dilaksanakan oleh masyarakat dalam memperingati Dirgahayu RI Ke 76. Pembangunan Pos Kamling atau Pos Ronda sekaligus untuk meningkatkan keamanan dan kerukunan masyarakat. “Selain itu dilaksanakan pula giat mempercantik lingkungan,” paparnya.


    Sekedar mengingatkan, Di Kebumen sendiri, adanya kegiatan Sistem Keamanan Keliling (Siskamling) pernah menjadi perhatian khusus bagi Polres Kebumen. Pada tahun 2016 silam, Polres Kebumen yang kala itu Dipimpin oleh Kapolres AKBP Faizal SIK MH menggelar lomba Siskamling.  Lomba diikuti oleh berbagai desa di beberapa wilayah di Kebumen. 


    Lomba sendiri dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke 70. Dalam lomba Polres Kebumen juga senantiasa menyampaikan pentingnya berperan aktif dalam mengamankan lingkungan. Masyarakat juga ditegaskan agar jangan sampai main hakim sendiri. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top