• Berita Terkini

    Jumat, 23 Juli 2021

    Tim PKK Bantu Minuman Rempah untuk Nakes RSUD Kebumen


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Tim Penggerak PKK Kabupaten Kebumen ikut andil, dalam membantu mengatasi Pandemi Covid-19. Dalam hal ini Tim PKK mengambil peran dengan yakni membantu Tenaga Kesehatan (Nakes) di Rumah Sakit Umum Dr Soedirman (RSDS) Kebumen.


    Sebanyak 300 minuman rempah-rempah itu diterima langsung oleh Direktur RSDS Kebumen dr Widodo Suprihantoro. Pihaknya pun berterima kasih atas bantuan tersebut. 

    Penyerahan 300 botol minuman rempah Jawa itu dilaksanakan oleh Ketua I Tim Penggerak PKK Kabupaten Kebumen Dra Ririn Haryati mewakili Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kebumen Iin Windarti Arif Sugiyanto. Turut mendampingi Wakil Ketua PMI Kabupaten Kebumen Salim Wazdy dan segenap pengurus PKK.


    Menariknya, Ketua Tim Penggerak PKK Iin Windarti tidak hanya menyerahkan minuman saja. Melainkan pihaknya juga terjun langsung ikut memotong ramuan rempah berbahan empon-empon tersebut di Gedung PKK. Adapun resep minuman rempah-rempah Jawa Sari Minuman Lawan Korona (Samilakor) itu berbahan jahe merah atau jahe biasa, kunyit, sereh,  jeruk, kencur, temu lawak serta daun bambu.


    Ini berdasar pada rekomendasi Dr Tifauzia Tyassuma MSc. Dimana minuman rempah itu, sebagai antioksidan dan sumber mineral. Disajikan dengan cara diiris dan kemudian dimasak dengan air panas, diminum dua kali sehari, pagi dan sore.


    Dalam kesempatan tersebut Salim Wazdy menyatakan PMI Kebumen dan PKK telah beberakali mengadakan pertemuan membahas rempah herbal itu. Ketua Tim Penggerak PKK berpesan, bagaimana pun PKK harus bisa andil dalam mengatasi Pandemi Covid-19.


    “Bahkan ibu Ketua PKK langsung ikut mengiris rempah herbal ini di Gedung PKK dan berharap tiap dua minggu sekali PKK bisa mengirim kepada para nakes,” tutur Salim Wazdi yang juga Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kebumen .


    Menurut Salim, kerjasama PKK dengan PMI Kebumen merupakan salah satu bentuk kepedulian membantu penanganan Covid. Pihaknya pun membantu minuman rempah kepada nakes, karena para nakes memang perlu didukung agar penanganan kesehatan tetap sehat dan kuat. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top