• Berita Terkini

    Kamis, 22 Juli 2021

    Pelaksana Legislatif Awards Seyogyanya Tim Indepeden


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Tahun 2022, DPRD Kebumen kembali menggelar Legislatif Awards. Sebelumnya hal yang sama dilaksanakan pada tahun 2020 lalu. Terkait dengan hal itu, diharapkan penyelenggara kegiatan atau panitia pelaksana merupakan tim independen dan bukan bagian dari DPRD itu sendiri.


    Hal ini semata-mata demi menghasilkan penilaian yang objektif. Pasalnya Anggota DPRD Kebumen termasuk dalam nominasi dan merupakan bagian yang akan dinilai. Jika pelaksana kegiatan merupakan bagian dari sesuatu yang akan dinilai, dikhawatirkan akan mengurangi objektifitas.


    Hal ini ditegaskan oleh Ketua Komite Kajian Kebijakan Daerah (K3D) Kebumen Hariyanto Fadeli. Menurutnya, secara tidak langsung program Legislatif Awards, nantinya untuk memberi penghargaan kepada Anggota DPRD Kebumen terbaik. Ini sesuai dengan ketegori yang telah ditentukan. 


    “Tanpa tim Independen akan menjadi rancu ketika DPRD menilai dirinya sendiri. Padahal program ini juga untuk menentukan anggota dewan yang best of the best ,” tuturnya, Rabu (21/7/2021).


    Disampaikannya, tim independen tersebut juga harus menguasai disiplin ilmu yang dibutuhkan. Setidaknya dalam tim juga terdapat unsur akademisi. Selain itu tim juga harus lepas dari intervensi Pimpinan dan Anggota DPRD. Dengan demikian hasilnya dapat  dipertanggungjawabkan di ruang publik. “Ini penting untuk perhatikan,” katanya.


    Parameter yang digunakan untuk menilai kinerja keanggotaan DPRD juga harus jelas. Ini berkaitan dengan hal-hal yang terkait dengan tupoksi DPRD terhadap rakyatnya. Selama ini publik juga sudah tahu bagaimana kinerja para Anggota DPRD. 


    “Hingga kini tingkat kesadaran kinerja para anggota dewan, masih perlu ditingkatkan. Ini mulai dari disiplin tepat waktu, masuk kerja hingga lainnya,” paparnnya.


    Di sisi lain, penting sekali pelaksanaan Legislatif Awards ini mampu memberi dampak yang positif. Adanya Legislatif Awards harus mampu memperbaiki attitude, disiplin kerja dan lainnya. Sebab selama ini belum ada hal yang spektakuler terkait dengan kinerja yang dilaksanakan. Ini tentunya yang berkaitan dengan tanggungjawabnya sebagai wakil rakyat. “Mohon maaf saja, terkait dengan pelaksanaan Legislatif Awards ini tidak ada satu pun yang bisa diharapkan. Dalam kontek untuk merubah perilaku dan kesadaran para anggota dewan secara kelembagaan,” ucapnya. (mam) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top