• Berita Terkini

    Rabu, 16 Juni 2021

    Giliran Pedagang Pasar di Kebumen Jalani Vaksin


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Tak kurang dari 500 pedagang di Pasar Karanganyar menjalani vaksin covid-19 yang digelar Pemkab Kebumen, Selasa (15/6/2021). Ini dilakukan untuk mencegah laju kasus covid-19 di Kebumen yang akhir-akhir ini kembali melonjak.


    Bupati Kebumen Arif Sugiyanto saat meninjau kegiatan ini, mengatakan, pasar dipilih sebagai lokasi vaksinasi karena tempat ini menjadi wilayah yang paling banyak dikunjungi masyarakat. Banyak orang berinteraksi satu dengan yang lain, sehingga rawan terjadi penyebaran Covid-19.

    "Masyarakat perlu dilakukan pemahaman agar antusias mengikuti vaksin. Kita tahu hampir semua kabupaten kasus covid-nya naik. Di Kebumen sendiri naik 5 kali lipat. Yang biasanya satu hari 14 orang terkonfirmasi positif, sekarang naik jadi 50 orang tiap harinya," ujar Bupati.

    Selain Bupati, hadir juga kemarin jajaran Forkompinda, Kapolres, Dandim, Ketua DPRD, serta didampingi Sekda Ahmad Ujang Sugiono dan Kepala Dinas Kesehatan Budi Satrio.


    Bupati Arif menyampaikan, Pemkab kini tengah berupaya menekan laju covid-19. Sejumlah langkah dilakukan. Mulai menutup sementara tempat ibadah yang masuk zona merah dan orange, kemudian pembatasan jam malam sampai pukul 20.00 untuk alun-alun, swalayan cafe dan supermarket.

    Lewat surat edaran juga, Bupati juga sudah melarang diadakan kegiatan yang bisa mengundang kerumunan khusus di zona merah dan orange. "Peta sebaran Covid-19, di Kebumen ada 16 kecamatan yang masuk zona merah dan orange, sedangkan 10 kecamatan lain masih zona hijau," jelas Bupati.


    Bupati terus mengajak kepada masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan, tidak abai. Bagi yang belum divaksin, jangan sampai ragu untuk divaksin. "Karena vaksin ini aman dan halal, dengan divaksin menandakan kita sayang dengan keluarga agar terlindungi dari virus corona ini," jelas Bupati.

    Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen, dr Dwi Budi Satrio mengatakan program vaksinasi untuk para pedagang pasar yang ada di Kebumen ditargetkan selesai pada Agustus 2021. 


    Pemkab melalui Dinas Kesehatan menargetkan 1.000 vaksin untuk tiap pasar, atau sesuai kebutuhan. Adapun pasar yang menjadi transit masyarakat luar daerah sebelum proses vaksinasi akan dilakukan tes rapid antigen. "Kami target 1000 pedagang untuk satu pasar, Vaksin yang digunakan berjenis Sinovac, untuk pasar yang berdekatan dengan jalan raya sering digunakan transit warga luar daerah kami ambil sampel rapid antigen secara acak untuk memastikan tidak ada penularan covid19 varian baru," kata Budi Satrio. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top