• Berita Terkini

    Jumat, 23 April 2021

    1.117 RTM di Kebumen Dapat Bantuan Ikan


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 1.117 rumah tangga miskin (RTM) mendapat bantuan. Bantuan berupa ikan itu  diberikan berkala 5 (lima) kali selama Tahun 2021 dengan jenjang waktu di bulan April, Mei, Agustus, September dan Oktober. 


    Selain ikan segar, masyarakat menerima bantuan yang diberikan pemerintah bervariasi, salah satunya dalam bentuk ikan olahan. Bantuan sendiri telah diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kebumen,  Arif Sugiyanto, di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kamis (22/4/2021). Turut mendampingi Bupati, Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih beserta forkopimda.


    Dalam kesempatan itu, diserahkan bantuan sosial tahap pertama berupa 3 kilogram ikan lele diberikan pada perwakilan warga Gemeksekti dan Panjer.


    Arif Sugiyanto  dalam sambutannya mengatakan bahwa angka konsumsi ikan di Kabupaten Kebumen sebesar 22,46 kg/kapita/tahun, masih jauh tertinggal dari angka konsumsi ikan provinsi yaitu sebesar 33,54 kg/kapita/tahun dan nasional 50,43 kg/kapita/tahun.


    Bahkan dari data BPS untuk pengeluaran pembelian ikan hanya 1,74% dari total pengeluaran tiap bulan. "Ada kebiasaan kebiasaan yang harus dipahami yang harus gencar diberikan kepada masyarakat agar pola penggunaan harus seimbang karena mengkonsumsi ikan kaya akan asam lemak omega 3, vitamin, dan berbagai mineral," katanya.


    Selain itu, mengonsumsi protein ikan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, serta dapat mencegah resiko serangan penyakit seperti jantung koroner, tekanan darah tinggi, stroke dan kanker. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ikan 3 kali dalam seminggu akan mengurangi resiko stroke sebesar 6 persen.

    "Di Kebumen, konsumsi ikan masih sangat rendah sehingga para nelayan saat panen ikan tidak terserap dengan baik, sehingga Pemerintah Kabupaten Kebumen melaksanakan program bagaimana penyerapan dari pada hasil tangkapan para nelayan dan budidaya ikan ini bisa terserap dan didistribusikan kepada para penerima," ujarnya.

    Selain itu, Bupati mengajak kepada seluruh masyarakat untuk gemar melaksanakan budaya makan ikan ini menjadi kebiasaan karena memberikan efek yang jauh lebih baik untuk generasi kedepan. (fur/*)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top