• Berita Terkini

    Rabu, 10 Februari 2021

    Pembangunan Makodim 0709 Kebumen yang Baru Resmi Dimulai


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 0709/Kebumen akan menempati tempat baru. Peletakan batu pertama dilaksanakan oleh Panglima Kodam (Pangdam) IV Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari SIP MSi dan Bupati Kebumen, KH Yazid Mahfudz, Rabu (10/2/2021). 


    Markas Kodim 0709/Kebumen yang baru akan dibangun di Jalur Lingkar Selatan KM 4 Kebumen. Tepatnya di  Jalan Lingkar Selatan RT 03 RW 01Dukuh Ketraman Desa Adikarso Kebumen.


    Pangdam lV Diponegoro mewakili KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa mengucapkan banyak terima kasih Kepada Bupati Kebumen dan jajaran Pemkab Kebumen. Pada saat kunjungannya tahun lalu ada komunikasi bersama Pemkab Kebumen. Tahun ini komitmen KSAD memberikan kontribusi nyata membangun Makodim 0709 Kebumen di lokasi tanah hibah bersebelahan dengan Terminal Bus Tipe A Kebumen.



    Pangdam berharap pembangunan Makodim merupakan perluasan pengembangan Kawasan Kota Kebumen. Hari ini tempat Makodim ini masih sepi, 3- 5 tahun ke depan akan menjadi ramai dan menjadi perluasan Kota. Apalagi ke depan dari tempat ini ada Exit Tol Yogya-Cilacap tentu akan mempercepat perkembangan Kota Kebumen.


    "Ini merupakan sinergitas nyata Pemerintah Kabupaten Kebumen dengan instansi vertikal akan sangat membantu perkembangan pembangunan dan perekonomian di daerah. Hal ini akan memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kebumen ,”ujarnya seraya menambahkan, bangunan baru Makodim 0709 itu akan berbeda bentuknya dengan Makodim lain di Kodam IV.


    Selain dihadiri oleh Bupati dan Pangdam, hadir pula dalam kesempatan tersebut Danrem 072 Pamungkas Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan SlP MM, Kazidam IV Diponegoro Kol Czi Joko Rahmanto, Asren Kasdam IV Diponegoro Kolonel Inf Heri Setiyanto, Aslog Kasdam IV Diponegoro Kolonel Inf Amin Taufik dan Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang SE MM.


    Jajararan Forkompinda Kebumen dan pejabat Kebumen antara lain hadir Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama SH SIK, Kajari Kebumen Slamet Riyanto SH MH, Sekda Ahmad Ujang Sugiono, Asisten 1 Sekda Amin Rahmanurrajid SH MH, serta Kabag Tapem Setda Kebumen Agus Susanto MSi


    Bupati H Yazid Mahfudz menyampaikan, pembangunan Makodim Kebumen yang terletak di samping Terminal Bus Kebumen itu,  menjadi momen penting . Bahkan menjadi sejarah baru di Kabupaten Kebumen. Maklumlah, selama 70 tahun Markas Kodim 0709 Kebumen (Makodim) masih menumpang atau menempati Tanah Pemrov Jateng di bekas Pabrik Minyak Mexolie Sari Nabati di Jalan Merak 1-3 Panjer,Kebumen.


    Berdasarkan pertimbangan tersebut Pemkab Kebumen mengibahkan tanah, yang selama ini menjadi bagian rencana pengembangan terminal bus Kebumen sehingga TNI AD bisa membangun markas Kodim di lahan sendiri.  Hibah tanah sebenarnya, ujar Yazid, hanya mengalihkan pengelolaan aset negara dari Pemkab Kebumen kepada TNI AD. "Tanah itu masih aset negara, hanya dialihkan saja kepada TNI AD, " ujar dia sembari berharap sinergitas Pemerintah dan TNI akan semakin baik di masa mendatang.

    Sekedar mengingatkan, Pemerintah Kebumen setidaknya telah menghibahkan tanah untuk pembangunan Kodim 0709/Kebumen dan Kampus UNS. Nantinya di Kawasan Kodim 0709/Kebumen yang saat ini, akan menjadi sentral ekonomi. Adanya exit tol yang berada di Desa Sidamara akan membuat Stasiun Kebumen menjadi berada di tengah kota. Selain itu tak jauh dari area tersebut juga adanya kampus UNS, yang menempati bekas RSUD Lama. 


    Bupati H Yazid juga mengingatkan pentingnya keberadaan Universitas Negeri di Kebumen. Sebab tantangan ke depan tentunya akan semakin berat, sehingga membutuhkan SDM yang benar-benar berkualitas. Pemerintah mengupayakannya dengan menyiapkan fasilitas pendidikan yang memadai, termasuk adanya Perguruan Tinggi Negeri. 


    Selain itu Pemerintah Kabupaten Kebumen juga merecanakan akan mengubah Pasar Unggas Tamanwinangun menjadi Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera). Setelah menjadi pusat jajanan, kawasan tersebut akan menjadi pusat keramaian. Hal ini didukung pula terdapat Kampus UNS. (mam/fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top