• Berita Terkini

    Jumat, 08 Mei 2020

    Imbas Corona, SMAN 1 Kebumen Gelar Wisuda Daring

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- SMA N 1 Kebumen menyelenggarakan acara wisuda dan pelepasan siswa kelas XII, Tahun 2019/ 2020 secara daring (online), Selasa (5/5/2020). Prosesi unik dan di luar dari kebiasaan ini dilaksanakan untuk mematuhi protokol kesehatan pemeirintah terkait pandemik COVID-19.

    Dalam prosesi ini, SMA N 1 Kebumen memilih melakukan melalui aplikasi google meet atau biasa disebut hangout meet.

    Acara tersebut live streaming sejak pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB. Acara ini juga diikuti siswa di  Purworejo dan Cilacap.  Lebih istimewanya dalam pelepasan daring online via hangout meet itu diikuti Kepala cabang Dinas pendidikan Wilayah IX Provinsi Jawa Tengah, Dwi Yuliati Mulyaningsih SPd MPd, Ketua Komite Drs Slamet Mujiono MPd, Kepala Sekolah SMA N 1 Kebumen Rachmat Priyono SPd MM dan sejumlah guru serta wali siswa kelas XII. Uniknya meski dilakukan secara online runtutan dan susunan acara digelar bak didalam gedung.

    Kepala Sekolah SMA N 1 Kebumen, Rachmat Priyono, mengatakan acara perpisahan, pelepasan dan wisuda kemarin merupakan acara rutin diadakan setiap tahun untuk
    siswa kelas XII bersama orang tua. Untuk tahun ini diikuti 380 siswa.

    Seluruh acara diikuti dan dilaksanakan dari rumah masing-masing. Siswa didampingi orang tua dan keluarga. Setelah itu prosesi acara ditandai dengan pengalungan Samir wisuda, dengan dipandu dari sekolah satu persatu siswa dipanggil dan menampakkan wajahnya di layar utama kemudian dikalungi Samir wisuda oleh orang tua masing-masing disaksikan guru karyawan dan siswa yang lain secara daring melalui aplikasi google meet atau hangout meet.

    Kendati sempat terkendala jaringan namun secara keseluruhan acara dapat berjalan baik. Kegiatan wisuda daring (online) ini atas inisiatif SMA N 1 Kebumen merupakan pertama di Kabupaten Kebumen. Tak hanya itu usai wisuda daring selanjutnya sekolah rencana akan mengiriman dokumen kelulusan melalui kantor pos.

    "Biasanya, mereka diundang ke sekolah dan atau gedung pertemuan, namun karena adanya pandemic covid-19 dimana semua harus dari rumah dan mengacu protocol kesehatan maka pada tahun ini tetap diselenggarakan namun dengan cara daring atau online," kata Rachmat didampingi guru seni budaya sekaligus Waka Humas SMA N 1 Kebumen, Slamet Pramono kepada Ekspres kemarin.

    Rachmat menambahkan, kegiatan ini pertama kali di Kebumen dan Jawa Tengah untuk tingkat SMA. "Untuk penyerahan pada saatnya nanti untuk penyerahan dokumen lain jika masa pandemic reda, jika ini belum selesai akan diatur dengan standar operasional protokol kesehatan yang ketat," katanya.

    Rachmat Priyono mengungkapkan, pandemi Covid-19 ini membuat seluruhnya berbeda. Namun, ia mengajak seluruh pihak untuk mengambil hikmah di balik peristiwa ini. Ia juga menghimbau, para siswa dan wali murid untuk tetap di rumah dan senantiasa menjaga social-physical distancing agar bisa memutus persebaran dan penularan
    covid-19.
    "Semoga kita semua segera terbebas dari corona dan bisa kembali melaksanakan aktifitas sehari-hari seperti biasanya. Semoga situasi dan kondisi ini tidak
    menyurutkan semangat Bp/ibu dan anak-anakku siswa kelas XII tetapi justru jadikanlah kenangan yang mendalam sekaligus momentum untuk bangkit dan maju bersama untuk mencapai mimpi , cita-cita dan harapan di tengah situasi kondisi yang luar biasa," katanya.
    Dalam prosesi kemarin, pihak sekolah sekaligus mengumumkan para lulusan terbaik SMA N 1 Kebumen untuk tiap-tiap program. Masing-masing Program IPA, Juara 1 Nabila Aurelliza Candrika Putri nilai rata-rata 93,20, Juara 2 Fayza Fajar Aliya dan Muh Rizal Mustafa nilai rata-rata 92,6, Juara 3 : raisma Nadhiva nilai rata-rata 92,40.
    Selanjutnya untuk preogram B yakni Program IPS, Juara 1 ; Danny Farhan nilai Rata –rata : 91,47, Juara 2 : rashif Ahmad Iqbal, nilai : 91, 20, Juara 3 : Fiore Diang Azalda dan Fakhriansyah Wahyu K nilai : 91,00. Untuk kelas Program Bahasa peraih Juara 1 : Nurul Hidayatun Nazah nilai 90,80, Juara 2 : Salasadila Zuhrida Putri, nilai 90,47 dan Juara 3 : Bunga Ati Ningrum , nilai : 90,40.
    Rika Ayu Kurnia salah satu siswa kelas XII SMA N 1 Kebumen ikut dalam peserta wisuda daring mengatakan senang dan kegiatan wisuda daring di tengah pandemic covid-19 ini sangat bagus dan inovatif.
    "Ini jadi pengalaman baru kebetulan kondisi wilayah saya jauh dari kota sempat terkendala sinyal. Namun saya dan orang tua menyambut baik dan merasa sangat senang selama 3 tahun telah belajar di SMA N 1 Kebumen," kata remaja yang sudah diterima di PTN melalui jalur SNMPTN itu. (fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top