BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA VARIO DUO

    Sabtu, 05 Oktober 2019

    Serunya Pilkasis SMP N 2 Adimulyo dengan Sistem E-Voting

    Saefur Rohman / Kebumen Ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Siswa SMP N 2 Adimulyo antusias mengikuti Pemilihan Ketua OSIS (Pilkasis) yang digelar di di Aula sekolah setempat, Kamis (3/10/2019). Menariknya, kegiatan ini tidak hanya menanamkan nilai demokrasi sejak dini. Sekaligus mengajak siswa agar melek teknologi. Ini lantaran Pilkasis digelar menggunakan sistem E-Voting berbasis Offline. 

    Dalam sistem ini, para siswa menginput user ID sesuai ID Card siswa dan Password masing-masing. Kemudian, mereka memilih kandidat calon ketua dan wakil ketua OSIS dengan cara menekan tombol submit atau tombol pilih yang ada di laman E -Voting.

    “Pilihan tersebut akan tersimpan secara otomatis di database server. Kemudian siswa memilih tombol Log Out untuk keluar dari sistem hingga siswa dinayakan selesai untuk menyatakan suaranya,” jelas Pembina OSIS SMP N 2 Adimulyo, Muhammad Muslim Mustofa yang kali ini berperan sebagai Operator E - Voting..

    Kepala SMP N 2 Adimulyo, Ahmad Mitrawan, mengatakan Pilkasis menggunakan sistem E-Voting berbasis Offline yang baru pertama diselenggarakan diikuti seluruh siswa kelas 7,8,9. Juga para guru. "Harapannya, para siswa dapat memahami pemilihan Ketua OSIS secara digital dan mendorong mereka untuk melek teknologi komputer," katanya.

    Ahmad Mitrawan, menambahkan pada sistem pemilihan OSIS secara sistem E-Voting ini memiliki banyak kelebihan. Salah satunya, prosesnya lebih cepat dan hemat dibanding pemilihan secara manual.

    "Melalui e-voting, surat suara langsung dapat dihitung hasilnya dengan cepat dan akurat karena menggunakan perangkat elektronik. Sementara sistem manual relatif lebih lebih lama. Sistem ini diharapkan dapat meminimalisir kesalahan dan mendeteksi jika ditemukan rekayasa suara. Dengan E-votong ini, disini kita sudah melakukan penghematan kertas," ungkapnya.

    Selain soal e voting, gelaran Pilkasis di SMPN 2 Adimulyo pun digelar bak Pemilu. Ada masa penjaringan calon, lalu para pemilih mencelupkan jari ke dalam tinta sebagai tanda telah menggunakan hak pilihnya. Bahkan ada pembentukan tim sukses hingga kampanye.

    Pasangan nomor 01, Adi Wicaksono-Ferdiansyah Adi Pratama akhirnya terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMP N 2 Adimulyo dengan jumlah suara 650 suara disusul paslon 03 Aminda-Arin Syafangatul Fauziah dengan jumlah suara 108. Terakhir perolehan paslon 02 Khasanatul Mufidah-Rofiqoh Tsaniyah de ngan jumlah suara 29. (fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top