BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Jumat, 27 September 2019

    Hari ini, Padepokan Sehat Medika Karanganyar Gelar Kirab Budaya

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)– Hari ini, Jumat (26/9/2019), Pimpinan Padepokan Sehat Medika (SM) Karanganyar R Suman Sri Husodo akan menggelar Kirab Budaya. Dalam kirab tersebut Mbah Suman bersama dengan istrinya akan menyebarkan uang recehan. Tidak tanggung-tanggung uang receh pecahan  Rp 1.000 dan Rp 500 yang akan ditebar berjumlah total Rp 10 Juta

    Kirab budaya tersebut sudah menjadi tradisi tahunan. Ini dilaksanakan dengan menempuh jarak perjalanan sekitar 8 kilometer. Uang recehan Rp 1.000 dan Rp 500 nantinya akan ditebar dan menjadi rebutan masyarakat yang menyaksikan kirab tersebut. Kirab kali ini kembali dilaksanakan setelah tiga Padepokan Sehat Medika tidak menggelar kirab budaya. Kirab budaya digelar dalam rangka merayakan ulang tahun padepokan yang melayani pengobatan secara spiritual tersebut.

    Pimpinan Padepokan Sehat Medika R Suman Sri Husodo menyampaikan kirab dimulai pukul 13.00 dari Desa Candi. Ini ditandai dengan pemecahan kendi air purwitosari. Adapun yang dikirab adalah sejumlah pusaka padepokan, termasuk pusaka yang ada di Pemkab Kebumen juga turut dikirab. “sebelum dikirab, tumpeng jola-joli, serta gunungan yang terdiri atas buah-buahan dilepas dari Padepokan Sehat Medika I di Desa Giripurno. Gunung buah terdiri dari nanas, jeruk, apel, salak, pisang, dan sayuran seperti  terong, kacang panjang, wortel, serta hasil bumi lainnya seperti jagung dan ketimun,” tuturnya, Kamis (26/9).

    Kirab budaya, lanjut Mbah Suman, melibatkan ratusan warga yang terdiri atas pasukan berkuda, delapan kereta kuda yang dinaiki R Suman Sri Husodo bersama istri R Ngt Retno Pujiastuti.

    Selain itu juga Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz dan Wakil Bupati H Arif Sugiyanto dan sejumlah pejabat di Pemkab Kebumen juga dijadwalkan mengikuti kirab tersebut. “Sesampai depan pasar, gunungan dan tumpeng jola joli menjadi ajang rebutan masyarakat. Kegiatan ini sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa sekaligus menjaga tradisi dan melestarikan budaya Jawa,” ujar R Suman Sri Husodo didampingi salah satu panitia H Adi Pandoyo. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top