BPJS

BPJS

Job Fair 2019

  • Berita Terkini

    HONDA CBR 150

    Selasa, 05 Maret 2019

    Petani Kebumen Dapat Bantuan Bibit Jagung

    Saefur Rohman / Kebumen Ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Dalam rangka meningkatkan Produktifitas pertanian padi jagung dan kedelai (Pajale ) petani kebumen mendapat bantuan bibit jagung dari Direktorat Jendral Tanaman Pangan Kementrian Pertanian RI. Bantuan itu diserahkan pada Panen raya di lapangan Desa Waluyo Kecamatan Buluspesantren, Jumat (1/3/2019).

    Bantuan bibit varietas hibrida bisi 18 ini diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz bersama Ketua DPR RI H Bambang Soesatyo MPA. Pada acara  yang disebut Farmers Field Day (FFD) itu juga dihadiri Kapolres Kebumen AKBP Roberto Pardede SIK, Dandim 0709 Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang dan Kepala Distapang Kebumen, Puji Rahaju serta sejumlah jajaran forkompinda Kabupaten Kebumen.

    Dalam sambutannya Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, mengataka penyerahan bantuan bibit itu diberikan kepada 5 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di 5 Kecamatan diantaranya yakni kelompok tani Karya Rahayu Desa Waluyo Kecamatan Buluspesantren, kelompok tani Tri Mulyo Desa Pucangan Kecamatan Ambal, kelompok tani Desa Karangreja Kecamatan Petanahan, kelompok tani Karangrejo Desa Petikusan Kecamatan Mirit, serta kelompok tani Rukun Santosa Desa Surorejan Kecamatan Puring.

    "Bantuan bibit jagung sejumlah 11 ton lebih ini dibagikan kepada 50 kelompok tani dengan lahan seluas sekitar 735 hektar," katanya.

    Bupati juga menyampaikan pihaknya mewakili masyarakat petani di Kebumen mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada pemerintah pusat.  "Semoga bantuan ini dapat meningkatkan motivasi para petani dan dapat meningkatkan produksi jagung di Kabupaten Kebumen," katanya.

    Lebih lanjut bupati menjelaskan saat ini pemerintah terus berupaya mewujudkan swasembada pangan. Hal ini ditujukan untuk mencapai ketahanan pangan nasional.
    "Ada tiga komoditi pangan utama yang dijadikan target awal yaitu padi jagung dan kedelai (Pajale) Selain untuk mencukupi kebutuhan pangan nasional kebijakan yang lebih berpihak pada petani ini juga berorientasi untuk meningkatkan kesejahteraan petani," ungkap Gus Yazid.

    Sementara itu Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dalam sambutannya menyampaikan pihaknya siap mendukung pertanian di Kabupaten Kebumen agar kedepan selain dapat surplus padi jugamendapatkan surplus untuk pajale.

    Sebelum acara penyerahan bantuan bibit jagung varietas hibrida bisi 18.juga digelar penen padi bersama. Dalam kesempatan itu para pejabat yang hadir juga turut memanen padi. (fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top