• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Kamis, 24 Januari 2019

    Warga Korban Banjir Kebumen Dapat Pengobatan Gratis

    Saefur Rohman / Kebumen Ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Relawan Indonesia-Aksi Cepat Tanggap (MRI-ACT) Kebumen melakukan cek kesehatan para warga terdampak banjir di wilayah Kecamatan Adimulyo. Warga pun antusias menyambut kedatangan para relawan tersebut.

    Akibat banjir warga mulai terkena penyakit gatal-gatal, kutu air. Sementara untuk kebutuhan makan sehari-hari dibuatkan dapur umum yang dikerjakan oleh warga setempat dan berpusat di kantor Desa Mangunharjo.



    Ketua Koordinator tim MRI Kebumen Miftah Farid, mengatakan MRI Kebumen mendatangkan 5 orang tim medis dan 2 orang tim DERM MRI Semarang Jawa Tengah untuk ikut serta membantu warga yang terdampak banjir.



    "Langkah selanjutnya, tim MRI Kebumen terus memantau daerah sekitar kabupaten Kebumen yang terdampak banjir hingga kondisi dinyatakan aman terkendali," jelas Miftah.



    Sementara itu Danramil 17 Adimulyo KODIM 0709 Kebumen Lettu INF Yunanto, mengatakan pihaknya menyambut baik serta mendukung para tim medis MRI ACT yang menangani cek kesehatan bagi para warga berdampak banjir.



    "Kami merasa terbantu dengan adanya tim dari MRI Kebumen yang sudah memberikan bantuan kepada masyarakat Mangunharjo Kecamatan Adimulyo ini, apalagi tim medis sangat membantu sekali untuk menolong warga yang mulai terkena penyakit akibat banjir," katanya.



    Tak berhenti sampai disitu, tim MRI Kebumen dan MRI Jawa Tengah juga turut membantu di dapur umum Mangunharjo dan memberikan bantuan logistik berupa beras dan bahan makanan lainnya.

    Selanjutnya pada Minggu (20/1) tim medis dan DERM MRI Jawa tengah bergerak menuju posko Desa Adiluhur yang bertempat di Taman Reptil Adiluhur Kecamatan Adimulyo juga melakukan hal serupa.


    Selain pemeriksaan kesehatan oleh tim medis Masyarakat Relawan Indonesia-Aksi Cepat Tanggap (MRI) Jawa tengah, bersama para relawan dan Mas dan Mbak Kebumen juga ikut ke posko untuk menengok korban banjir juga turut membantu membagikan nasi bungkus kepada warga berdampak banjir.

    Salimah (40), salah satu warga menyambut antusias pengobatan gratis tersebut. Apalagi, mereka sudah mengeluhkan gatal-gatal akibat banjir.
    "Sejak terjadi banjir empat hari lalu baru kali ini ada pemeriksaan gratis, dan ini sangat membantu kami karena setelah  banjir kami mulai merasa gatal - gatal," ujarnya.


    Sebelumnya banjir yang terjadi akibat hujan deras yang mengguyur kota Kebumen pada Selasa malam (15/1) mengakibatkan banjir, tanah longsor dan tanggul jebol di beberapa kecamatan.
    Salah satu daerah yang terdampak adalah Desa Mangunharjo dan Desa Adiluhur Kecamatan Adimulyo. Sejak Rabu (16/1/2019) mencapai ketinggian air mencapai satu meter dan merendam rumah warga.
    Namun saat ini banjir telah surut dan warga telah kembali beraktifitas normal. (saefur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top