Honda GTR

  • Berita Terkini

    Rabu, 12 Desember 2018

    Kebumen Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

    sudarno ahmad/ekspres
    JAKARTA - Kabupaten Kebumen berhasil mendapat penghargaan tingkat nasional sebagai Kabupaten Peduli HAM dari Kementerian Hukum dan HAM RI. Penyerahan penghargaan itu dilakukan bertepatan dengan Peringatan Hari HAM (Hak Asasi Manusia) Se-Dunia ke 70 di Lapangan Upacara Kantor Kementerian Hukum dan HAM Kuningan, Jakarta, Selasa (11/12/2018).

    Penghargaan yang keempat kalinya bagi Kabupaten Kebumen itu diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM, Yassona Laoli,  dan diterima oleh Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz.

    Hadir mendampingi Wakil Bupati saat menerima penghargaan, Kepala Bagian Hukum Setda Kebumen Ira Puspitasari.Yazid Mahfudz, mengatakan penghargaan ini karena Kabupaten Kebumen dinilai sebagai salah satu kabupaten di Indonesia yang dianggap peduli terhadap HAM.

    "Penghargaan ini merupakan bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Kebumen senantiasa terus mengedepankan gotong royong, kekeluargaan dan menciptakan suasana kondusif dalam pembangunan fisik maupun non fisik, " ujar Yazid Mahfudz, usai menerima penghargaan di Jakarta.

    Menurutnya, pemberian penghargaan ini merupakan hasil dari kerjasama seluruh elemen pemerintah dan masyarakat untuk saling mendukung dalam mewujudkan Kabupaten yang peduli terhadap HAM."Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Kebumen yang telah bekerjasama untuk membangun Kebumen. Sehingga masalah HAM terlindungi dengan baik," terangnya.

    Termasuk pada Pemilu 2019 mendatang, kata Gus Yazid, Pemkab Kebumen menjamin hak politik warganya dalam memilih wakilnya, di legislatif maupun Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

    "Pemkab Kebumen menjami warga menggunakan hak politik dengan sebaik baiknya. Tidak ada tekanan dan tidak ada intervensi dari manapun, dari siapapun, sehingga hak politik digunakan dengan baik," tegasnya.

    Ira Puspitasari menjelaskan, Komitmen Pemkab Kebumen untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera dianggap masuk pada kriteria Kabupaten yang Peduli Hak Asasi Manusia setelah memenuhi beberapa parameter penilaian dengan terpenuhinya hak masyarakat.

    Yakni hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan yang layak dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

    Wakil Presiden Republik Indonesia HM Jusuf Kalla yang hadir pada acara tersebut, juga menyerahkan penghargaan secara simbolis kepada Provinsi yang dianggap peduli HAM.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top