HONDA BEAT

  • Berita Terkini

    Senin, 31 Desember 2018

    Cuaca Ekstrem, Jaringan Listrik 4 Kecamatan di Kebumen Terganggu

    Saefur Rohman / Kebumen Ekspres
    KEBUMEN (kebumenekpres.com) - Cuaca ekstrem dan hujan deras pada Minggu (30/12/2018), membuat sejumlah pohon tumbang yang sebagian diantaranya menimpa rumah. Selain itu, angin kencang juga menyebabkan listrik di empat kecamatan padam.

    Diantaranya, Kecamatan, Kutowinangun, Ambal Mirit, Buluspesantren, Kuwarasan, Adimulyo, Karanganyar, sebagian kecamatan Karanggayam hingga wilayah Kebumen kota yang merupakan wilayah PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kebumen dan Gombong mengalami gangguan jaringan listrik padam setelah tertimpa beberapa pohon tumbang yang roboh ke jaringan listrik.

    Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Kebumen, Teguh Suprabowo bersama Manager PLN ULP Gombong, Nila Dewanti, mengatakan sejak tanggal 29 hingga 31 Desember 2018 ini tercatat lebih dari 50 laporan aduan gangguan pemadaman listrik di wilayah ULP Kebumen dan Gombong.

    Kejadian itu terjadi seperti di RT 2 RW 2 Desa Bendungan Kecamatan Gombong, dan berapa rumah rusak pohon tumbang disekitatar wilayah yakni di RT 7 RW 2 Desa Jintung Kecamatan Ayah pohon tumbang menimpa rumah milik Paimun pada Senin (31/12/2018) sekitar pukul 01.00 WIB dini hari.

    "Kami menerima laporan kejadian pemadaman listrik akibat bencana alam, melihat kejadian dan laporan kejadian tim segera melakukan pelacakan gangguan dan segera mengamankan pohon itu dan melalukan perbaikan," katanya didampingi kordinator lapangan Goenoto ditemui Ekspres Senin pagi (31/12/2018)

    Adanya gangguan yang diakibatkan dari bencana pohon tumbang yang mengakibatkan terputusnya jaringan dibeberapa wilayah pihaknya meminta permohonan maaf kepada para pelanggan atas terhambatnya jaringan dan aliran listrik.

    "Adanya gangguan ini kami mohon maaf kepada seluruh masyarakat kkebumen, ini bukan karna pasokan listrik namun akibat bencana angin dan pohon tumbang yang terjadi akhir - akhir ini," kata Teguh.

    Selain itu pihaknya juga mengucapkan berterima kasih kepada masyarakat atau pelanggan PLN yang sudah memberikan informasi terkait penyebab gangguan saat terjadi listrik padam, hal itu dapat mempercepat proses penormalisasi dan memperbaiki jaringan yang terganggu.

    Sementara itu Manager PLN ULP Gombong, Nila Dewanti, menambahkan saat terjadi gangguan yang menyebabkan satu penyulang atau jaringan padam, petugas harus melakukan pelacakan sepanjang jalur tersebut, dengan adanya informasi penyebab gangguan dari pelanggan maka dapat mempersingkat waktu pelacakan gangguan.

    "PLN menerima Laporan pengaduan gangguan dan keluhan 24 jam melalui call center (0287)123 atau dapat langsung datang ke kantor PLN Gombong jalan Kartini no 45, PLN ULP Kebumen di jalan Tentara Pelajar no 19," ujarnya.

    Nila mengimbau masyarakat yang mempunyai pohon yang dekat jaringan listrik agar merelakan pohonnya di lakukan perabasan oleh petugas.

     ”Kami harap dukungan masyarakat dalam menjaga kehandalan jaringan, jika ada pohon yang dekat dengan jaringan listrik segera ditebang atau dipangkas demi kelancaran jaringan, tutur Nila.

    Terkait cuaca ekstrim yang melanda Kabupaten Kebumen saat ini Kabid Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kebumen, Drs Muhyidin melalui Bako Humas, Heri Purwoto, mengatakan sejak akhir bulan Desember 2018 ini terjadi  kondisi cuaca di kebumen sedang dilanda angin kencang. Pihaknya. menghimbau agar warga selalu waspada.

    "Saat ini cuaca angin berhembus cukup kencang, rawan terjadi pohon tumbang masyarakat harus waspada," katanya.(Saefur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top