BPJS

BPJS

Job Fair 2019

  • Berita Terkini

    HONDA CBR 150

    Sabtu, 20 Oktober 2018

    Pengurus BUMDes ESA Kedungpuji Resmi Dilantik

    IMAM/ESKPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)– Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ESA Desa Kedungpuji Kecamatan Gombong resmi dilantik, baru-baru ini. Pelantikan dilaksanakan di Aula Balai Desa Kedungpuji, Kecamatan Gombong dipimpin Kepala Desa Yuliono Irmawan AMd.

    Usai dilantik Pengurus BUMDes diminta segera bekerja. Salah satunya yakni memberikan kontribusi untuk memajukan desa. Ini dilaksanakan dengan memaksimalkan potensi yang ada. Dengan itu, potensi Desa Kedungpuji akan semakin berkembang.

    Acara pelantikan bertajuk “Mari Bersinergi Membangun Desa”. Hadir dalam acraa itu beberapa elemen masyarakat mulai dari Ketua RT, Ketua RW, Pemerintahan Desa, Lembaga-Lembaga Desa, Tokoh Masyarakat, Pihak Kecamatan dan seluruh pengurus BUMDes ESA Desa Kedungpuji. Bahkan Pendamping Lokal Desa Dwi Agung Lestari SPd juga terlihat hadir.

    Kepala Desa Kedungpuji Yuliono Irmawan AMd menjelaskan, sebanyak 18 orang ditunjuk sebagai pengurus BUMDes. Program utama kerja pengurus BUMDes yakni pengelolaan sumber potensi yang dimiliki desa. Ini untuk meningkat tambahan sumber penghasilan. Program yang akan dilakukan BUMDes ESA juga berkaitan dengan pengentasan kemiskinan.
    “Pengurus BUMDes kami minta untuk aktif bekerja dan kreatif dalam melaksanakan tugasnya. Sebab tidak mudah dalam menjalankan BUMDes sebab banyak tugas dan program kerja yang harus dikerjakan,” katanya, sembari menambahkan Pemerintah Desa Kedungpuji akan terus melakukan pemantauan kerja BUMDes.

    Direktur BUMDes ESA Sefudin SE SKom menyampaikan jika pihaknya telah menyusun program jangka pendek dan panjang dalam pengelolaan BUMDes. Salah satu programnya jangka pendek yakni mengelola dan mengoptimalkan lapangan desa dan aula balai desa agar berdaya guna dan lebih maksimal pengelolaannya.

    Selain itu juga menyiapkan program lain berupa pembangunan dan pengelolaan kios dan pengelolaan sumber alam lainnya yang potensial. “Program jangka panjang juga disiapkan dengan berencana melakukan penataan dan pengelolaan tanah kas desa untuk dikelola BUMDes. Tanah tersebut masuk dalam rencana untuk dibangun menjadi sebuah bangunan tertentu,” jelasnya.

    Sementara itu Kasi Pemerintahan Kecamatan Gombong Sigit Harsono SH menegaskan Pemerintah Kecamatan Gombong sudah mendorong pemerintah desa untuk membentuk BUMDes di masing masing desa. Pembentukan dilaksanakan sesuai dengan kebijakan dari pemerintah pusat. Keberadaan BUMDes diharapkan mampu mengangkat potensi dan meningkatkan pendapatan desa. “Setelah dilakukan pelantikan pengurus kami minta untuk aktif dalam mengelola BUMDes. Jadi tidak sekedar nama tapi ada kegiatan nyata yang bisa jadi andalan masyarakat dan desa setempat,” ucapya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top