BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA VARIO DUO

    Senin, 13 Agustus 2018

    Lima Kios Pedagang Hancur Diterjang Gelombang Pasang Pantai Suwuk

    fotoahmadsaefurrohman/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres. com) - Kekhawatiran abrasi bakal menghancurkan kios pedagang Obyek Wisata (Obwis) Pantai Suwuk, menjadi kenyataan. Hari ini, Senin (13/8/2018) lima kios di obyek wisata Pantai Suwuk ambruk total.

    Dalam video yang beredar, ambruknya kios diawali dengan retakan di dinding dan tiang penyangga. Hitungan menit kemudian, kios ambruk total disertai suara berderak.

    Kepala UPT Obwis Pantai Suwuk Yahyo,  dihubungi Senin (13/8/2018) membenarkan kejadian tersebut. Kios ambruk Senin pagi sekitar pukul 09.15 WIB. "Ada lima kios di bagian tengah (dari deretan kios) yang ambruk, " katanya.

    Ambruknya kios hari ini menjadi rentetan kejadian sehari sebelumnya, Minggu (12/8/2018). Saat itu, gelombang pasang  menghantam garis pantai Suwuk yang kemudian merusak paving jalan di obwis yang berada di Desa Tambakmulyo Kecamatan Puring tersebut.


    Saat itu,  deretan warung belum ambruk meski kondisinya sudah menggantung dan hanya "disangga" pasir laut. Melihat kondisi tersebut, Pemkab Kebumen melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata meminta pedagang mengosongkan 15 kios.

    Hingga kemudian,  5 dari warung warung tersebut hari ini ambruk.  Itu artinya,  ada 10 kios lain yang saat ini juga terancam.

    Kios-kios ini milik Pemkab yang kemudian disewakan kepada warga untuk berdagang makanan.

    Baca juga:
    (Tingkat Kunjungan Wisata Pantai Kebumen Anjlok Gara-gara Gelombang Pasang)


    Amad (42), salah satu pedagang mengatakan, dirinya sudah mengosongkan kios sejak 2 minggu terakhir. Perkembangan terakhir itupun membuatnya kebingungan.

    Warga Desa Tambakmulyo yang kesehariannya membuka warung makan itu kehilangan mata pencaharian. Untuk sementara, dia akan mencari lokasi dagangan baru sembari menunggu kios dibangun kembali. " Saya beharap kios segera dibangun agar kami dapat berjualan," ujar dia. (cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top