• Berita Terkini

    Senin, 13 Agustus 2018

    Jadi Kandidat Sekda, Warjan Ingin "Ndandani" Birokrasi Kebumen

    Warjan
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak delapan Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi kandidat calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kebumen. Salah satunya, Pengawas Sekolah Madya Balai Pengendalian Pendidikan Menengah dan Khusus (BP2MK) Wilayah IV Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, Warjan.

    Warjan, menjadi satu-satunya kandidat Sekda Kebumen yang bukan berasal dari pejabat eselon 2B. Melainkan, pejabat fungsional sebagai pengawas SMK pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.

    Pria berusia 53 tahun ini mengaku motivasinya mendaftarkan diri menjadi Calon Sekda karena ingin memperbaiki birokrasi di Pemkab Kebumen. Terlebih saat ini kondisinya sangat memprihatinkan.

    "Saya ingin ndadani birokrasi Kebumen, yang sekarang amburadul," kata Warjan, saat dihubungi kemarin.

    Menurutnya, kalau birokrasinya profesional akan menjadi kunci keberhasilan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kebumen. Daerah akan maju atau tidak kuncinya cuma satu, yakni birokrasinya profesional.

    "Kalau daerahnya belum maju berarti birokrasinya belum profesional. Jabatan Sekda merupakan pelaksana dan perencana pembangunan suatu pemerintahan. Sehingga apupun permasalahannya tergantung dari birokrasinya," ujar Warjan.

    Warjan optimis kalau dirinya terpilih menjadi Sekda Kebumen akan bisa memperbaiki birokrasi pembangunan di Kebumen akan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

    Terkait dengan latar belakangnya yang bukan berasal dari pejabat eselon 2, Warjan mengaku hal itu tidak jadi masalah. Menurutnya, syarat untuk menjadi calon Sekda Kebumen ada dua. Yakni kemampuan leadership dan kemampuan manajerial.

    "Insya Allah keduanya saya punya. Kemampuan leadership yang penting bisa mempengaruhi semua elemen birkorasi untuk bergerak yang kita perintahkan. Kemampuan manajerial adalah membuat planing yang bagus, mengorganisir, melaksanakan dan mengevaluasi semua pelaksanaak pemerintah dan pembangunan yang ada," paparnya.

    Delapan Aparatur Sipil Negara (ASN) lolos seleksi administrasi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen tahun 2018. Panitia Seleksi (Pansel) mengumumkan hasil seleksi tersebut pada Senin, 6 Agustus 2018.

    Kedelapan orang itu, yakni Moh Amirudin (Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak). Y Rini Kristiani (Kepala Dinas Kesehatan), Ahmad Ujang Sugiyono (Kepala Dinas Pendidikan), Azam Fatoni (Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata).

    Kemudian, Siti Kharisah (Sekretaris DPRD), Dwi Suliyanto (Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UKM), dan Widiatmoko (Asisten Administrasi Sekda). Serta, Pengawas Sekolah Madya Balai Pengendalian Pendidikan Menengah dan Khusus (BP2MK) Wilayah IV Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, Warjan.

    Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Kabupaten Kebumen, Supriyandono, menjelaskan sampai dengan batas waktu pendaftaran dan penerimaan berkas lamaran, jumlah lamaran yang diterima secara langsung oleh Panitia Seleksi sebanyak  sembilan berkas.

    "Berdasarkan penelitian terhadap berkas lamaran, hasil Seleksi Administrasi menetapkan berkas lamaran yang dinyatakan memenuhi syarat delapan berkas," terang Supriyandono.

    Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi, delapan ASN ini mengikuti tahapan selanjutnya. Yakni assesment yang akan digelar pada Rabu-Kamis, 8-9 Agustus 2018 di Fakultas Psikologi UGM Yogyakarta.

    Kemudian, uji gagasan tertulis atau penulisan makalah pada hari ini Senin, 13 Agustus 2018 di Ruang Pedalen Hotel Candisari Karanganyar. Selanjutnya, paparan dan wawancara dengan panitia seleksi pada Selasa, 14 Agustus 2018 di Ruang Pedalen Hotel Candisari Karanganyar. Sedangkan, pengumuman dilakukan pada 18 Agustus 2018.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top