• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Senin, 12 Maret 2018

    Ilmu Sosiologi Bisa Jelaskan Fenomena Sosial Dalam Masyarakat

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Adanya perubahan sosial di dalam masyarakat, baik positif maupun  negatif,  bukanlah peristiwa yang alamiah.   Ada kekuatan-kekuatan eksternal dan internal yang berkontribusi bagi perubahan-perubahan sosial. Ada pula akar penyebab baik langsung atau tidak langsung yang berkontribusi bagi terjadinya persoalan-persoalan sosial.

    “Dalam kehidupan sosial kita bukan hanya menemui ketertiban sosial, namun juga akan menemui sejumlah fenomena sosial, gerak perubahan sosial serta berbagai persoalan sosial. Baik ketertiban sosial, fenomena sosial, perubahan sosial, maupun persoalan-persoalan sosial menjadi obyek pengkajian salah satu ilmu sosial yaitu Sosiologi,” tutur Teguh Hindarto SSos MTh saat menjadi pembedah dan juga menganalisis acara bedah buku yang dilaksanakan oleh Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Terbuka Kebumen di Aula SMP 7 Kebumen, Sabtu (10/3/2018).

    Kegiatan bedah buku dengan judul “Kajian Analisis Sosial Dengan Pendekatan Konsep Teori Tokoh Sosiologi Indonesia itu, juga menghadirkan Syamsul Bachri SPd MSos dari Braindilog Sosiologi yang memaparkan maksud dan tujuan penulisan buku tersebut.  Buku kajian analisis tersebut ditulis oleh Braindilog Sociology yang menjadi salah satu upaya untuk mendekatkan pada para untuk melihat dan menganalisis kenyataan sosial melalui perspektif Sosiologi.

    “Diperlukan penguasaan sejumlah teori dan metodologi untuk memahami kenyataan sosial di sekitar kita (ketertiban sosial, fenomena sosial, perubahan sosial, persoalan sosial) agar seorang peneliti sosial memiliki pemahaman yang utuh dan dapat memberikan solusi untuk mencegah atau menanggulangi saat terjadi problem-problem sosial,” tutur Teguh.

    Dijelaskannya, kompilasi analisis sosial yang dibukukan tersebut sebenarnya hasil dari sebuah sayembara menulis Artikel Sosiologi Indonesia. Selain berisikkan gagasan penulis yang beragam dalam menganalisis permasalahan-permasalahan sosial, penulisan buku juga mengajak khalayak umum pecinta sosiologi maupun pegiat sosial atau para penulis bersama-sama mengenal tokoh-tokoh Sosiolog di Indonesia dan menggunakan konsep maupun teorinya sebagai pisau analisis dalam melihat permasalahan yang diangkat.

    “Dengan dasar pemikiran itu, maka terpilihlah 20 artikel pembahasan yang memotret kenyataan sosial masa kini mulai dari Fenomena Bullying, Persekusi, Hegemoni Kurikulum Nasional,  perilaku mahasiswa dalam Group Whatsap, Persoalan Petani dan Hutan, Interaksi Masyarakat dengan Teknologi dan sejumlah pemikiran sosiolog Indonesia bagi Ilmu Sosiologi,”katanya.

    Ketua IKA UT Kebumen Darmono SPd menyampaikan kegiatan bedah buku yang diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Alumni Universitas Terbuka Kebumen itu, memiliki beberapa tujuan yakni mensosialisasikkan peran dan peluang Universitas Terbuka di era digital kepada para peserta. Selain itu memberikkan pemahaman perihal peran dan kontribusi ilmu-ilmu sosial (Sosiologi) dalam menganalisis dan memecahkan persoalan-persoalan sosial. "Sedangkan tujuan yang ketiga yakni, membangun atmosfir dan kultur berfikir ilmiah rasional melalui tindakkan mengulas sebuah buku," ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top