Honda

Honda
Jogja
  • Berita Terkini

    Selasa, 16 Januari 2018

    Lomba Mewarnai Semarakkan HUT ke-1 Gubuk Aksara

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Komunitas Gubuk Akasara (GA) Kebumen menyelenggarakan kegiatan lomba mewarnai untuk merayakan HUT pertamanya. Bukan hanya lomba mewarnai saja, dalam kesempatan tersebut dilaksanakan pula Sosialisasi Indonesia Mengajar, Minggu (14/1/2018).

    Kegiatan peringatan hari jadi ke 1 dilaksanakan dengan mengusung tema “Berdedikasi Inspirasi Dalam Sinergitas Membangun Semangat Literasi”. Acara yang berlangsung dari pukul 09.00 hingga 12.00 WIB tersebut dipusatkan di Taman Baca Masyarakat Gubuk Aksara yakni Balai Warga Desa Wonosari Kebumen.

    Adanya peringatan juga dihadiri oleh lebih dari 100 orang. Adapun berbagai kegiatan yang dilaksanakan meliputi pemotongan tumpeng, lomba mewarnai dan menggambar untuk siswa TK/PAUD dan kelas 1-6 SD. Indonesia Mengajar Goes To Kebumen juga dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman tentang berkontribusi terhadap pendidikan Indonesia melalui Indonesia Mengajar.

    Ketua Komunitas Gubuk Aksara Windi Febriana Putri menyampaikan lomba mewarnai dan menggambar terbagi dalam tiga kategori. Adapun kategori tersebut yakni lomba mewarnai kelas A untuk siswa TK/PAUD, lomba mewarnai kelas B untuk siswa kelas 1-3 SD, sedangkan lomba menggambar dan mewarnai diperuntukkan bagi siswa kelas 4-6 SD. Sebagian besar peserta berasal dari sekolah dasar di sekitar Desa Wonosari. “Para peserta diminta untuk mewarna dan menggambar yang bertema “Semangat Literasi dan Ulang Tahun Gubuk Aksara Ke-1”. Kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 100 peserta ini memperebutkan juara 1-3 untuk masing-masing kategori,” tuturnya disela-sela acara.

    Program Indonesia Mengajar Goes To Kebumen, lanjut Febriana, dilaksanakan dalam bentuk seminar dan mini talkshow. Indonesia Mengajar merupakan yayasan independen yang bertujuan menggerakkan elemen masyarakat dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia. Pembicara pada kegiatan kali ini yakni Marina Hardiyanti yang merupakan Pengajar Muda Angkatan XIII. Marina Hardiyanti pernah ditempatkan di Kabupaten Aceh Utara pada tahun 2016. Dalam kesempatan kali ini, Marina membagikan pengalamannya yang dimulai dari proses seleksi Indonesia Mengajar hingga selama penempatan di Aceh Utara. “Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari beberapa perguruan tinggi di Kabupaten Kebumen,” paparnya.

    Febriana menjelaskan, pada usia satu tahun ini, Komunitas Gubuk Aksara mengadakan beberapa kegiatan untuk meningkatkan semangat literasi. Beberapa kegiatan tersebut meliputi safari literasi, lomba membaca puisi, taman baca masyarakat dan lainnya. “Semoga Gubuk Aksara semakin dapat menebar kemanfatannya dalam bidang literasi dan edukasi untuk masyarakat Kebumen. Selain itu Gubuk Aksara juga dapat menjadi wadah bagi para pemuda Kebumen dalam berkontribusi bersama memajukan literasi di Kebumen,” paparnya.

    Pada tanggal 21 Januari 2018 mendatang Komunitas Gubuk Aksara Kebumen juga akan mengadakan Safari Literasi. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Aula Objek Wisata Waduk Sempor. "Kegiatan safari yakni perpus keliling. Ini dilaksanakan bekerjasama dengan Disarpus Kebumen. Selain itu ada pula penampilan-penampilan dari Relawan Gubuk Aksara seperti musikalisasi, puisi, mendongeng dan lain-lain. Semua dapat mengikuti secara cuma-cuma," ucap Koor div Fundraising Tomy Adam Gubuk Aksara. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top