• Berita Terkini

    Sunday, July 23, 2017

    HIV dan TBC Masih Menjadi PR Besar di Kebumen

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN-Persoalan penyakit HIV dan TBC masih menjadi PR besar bagi kabupaten berslogan Beriman ini. Untuk mencegahnya, masyarakat diharap mampu melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).  Dengan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan merupakan cara efektif untuk menanggulangi penyebaran penyakit.

    Hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia Bakti Sosial Forum Dokter Internsip Peduli (FDIP) dr Ahmad Miftahudin Fazri, di sela-sela kegiatan bakti sosial di Desa Tanggulangin Kecamatan Klirong Kebumen, Minggu (23/7/2017).

    Adapun beberapa kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh FDIP meliputi, pengobatan massal 200 peserta, sembako dan pakaian murah, dan kelas inspirasi. Untuk pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di pusatkan di Balai Desa Tanggulangin Klirong. Sedangkan Kelas Inspirasi dilaksanakan pada SDN 1 Tanggulangin.

    Pada kesempatan itu dr Ahmad Miftahudin Fazri  menyampaikan, terdapat 10 poin PHBS yang harus dilaksanakan agar terhindar dari penyakit. Adapun ke 10 poin PHBS yakni, persalinan oleh tenaga medis, asi eksklusif, menimbang balita setiap bulan di posyandu atau puskesmas menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik nyamuk, makan makanan bergizi.

    “Selain itu yakni melakukan aktivitas fisik setiap hari dan tidak merokok,” terangnya.

    Dijelaskannya, setiap tahun FDIP selalu melaksanakan kegiatan bakti sosial. Hal itu dilaksanakan membantu masyarakat dengan cara berbagi dengan sesama. Selain bakti sosial juga dilaksanakan penyuluhan kesehatan. Tahun 2016 lalu kegiatan bakti sosial dilaksanakan di Kecamatan Rowokele dan Adimulyo.

    Sedangkan tahun ini dilaksanakan di Desa Tanggulangin Klirong. “Adanya penyuluhan akan memerikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan. Setelah memahami diharapkan menyadari dan melakukannya,” tuturnya, didampingi anggota FDIP dr Adinda Putri Larastiti.

    Sementara itu dr Adinda Putri Larastiti, menyampikan kegiatan bakti sosial dilaksanakan oleh FDIP bekerjasama dengan pemerintah Desa Tanggulangi, SDN 1 Tanggulangin, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kebumen, Lazismu, PMI, PKU Sruweng dan Petanahan. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top