• Berita Terkini

    Friday, May 12, 2017

    Pemkab Kebumen Bakal Gelar MTQ dan Pemilihan Dai Remaja

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pemerintah Kabupaten Kebumen, kembali akan menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan Pemilihan Dai Remaja (Pildaja) tingkat Kabupaten Kebumen 2017. Acara tersebut akan diselenggarakan pada Selasa (16/5/2017) pekan depan.

    Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kebumen Wahib Tamam, mengatakan kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahun sejak 2012 lalu. "MTQ dan Pildaja terselenggara atas kerjasama Pemkab Kebumen, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran," kata Wahib Tamam, saat menjadi narasumber jumpa pers di Gedung Press Center Kebumen, Jumat (12/5/2017).

    Dikatakan, kegiatan ini sebagai ajang bagi kafilah-kafilah tingkat kecamatan untuk bersaing ditingkat Kabupaten Kebumen. Sehingga melahirkan qori-qoriah terbaik untuk diikutsertakan dalam MTQ tingkat provinsi Jawa Tengah di Surakarta.

    MTQ dan Pildaja 2017, lanjut Wahib, disamping untuk mencari yang terbaik juga sebagai ajang pemanasan bagi Pemkab Kebumendan Kemenag dalam penyelenggaraan MTQ. "Karena tahun depan (2018) Kabupaten Kebumen akan menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Jawa Tengah," tutur mantan Camat Pejagoan, ini.

    Terdapat sepuluh cabang lomba bakal digelar pada ajang tersebut. Yaitu, tilawah anak (putra dan putri), tilawan remaja (putra dan putri), tilawah dewasa (putra dan putri). Kemudian tahfidz 1 juz dan tilawah (putra dan putri), tahfidz 5 juz dan tilawah (putra dan putri), tahfidz 10 juz (putra dan putri), dan tahfidz 20 juz (putra dan putri). Selanjutnya, kaligrafi islam cabang khat (putra dan putri), kaligrafi cabang dekorasi (putra dan putri) dan pemilihan dai remaja (putra dan putri).

    Panitia telah menyiapkan uang pembinaan senilai total Rp 33 juta dan tropi untuk para juara. Yaitu untuk juara I menerima uang pembinaan sebesar Rp 500 ribu (putra dan putri), juara II Rp 400 ribu (putra dan putri) dan juara III 300 ribu (putra dan putri). Kemudian Harapan I Rp 200 ribu (putra dan putri), harapan II Rp 150 ribu (putra dan putri) dan harapan III Rp 100 ribu (putra dan putri).(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top